Eksplorasi Makanan Khas Indonesia Buat Kamu Pecinta Kuliner

RencanaKuliner.com – Makanan khas Indonesia tidak kalah dengan makanan luar negeri. Citarasa kuliner khas Indonesia yang kaya akan rempah menjadikan makanan ini sangat cocok di lidah orang Asia. Oleh sebab itu, bagi Anda pecinta kuliner, sebaiknya eksplorasi makanan khas Indonesia ini.

Anda tidak hanya menikmati makanan semata. Khusus untuk warga negara Indonesia, menikmati sajian makanan tersebut merupakan salah satu bentuk kecintaan kepada negeri sendiri. Dengan demikian, Anda menjadi lebih tahu keanekaragaman kuliner khas Indonesia.

makanan khas indonesia
Image: liputan6

Makanan khas Indonesia memiliki citarasa yang unik dengan bumbu-bumbunya yang lebih banyak. Disamping itu, sebagai warga negara Indonesia mencicipi dan mengenal setiap makanan Nusantara turut pula mempelajari sejarah budaya dibaliknya. Makanan ini tercipta dari latar belakang budaya yang berbeda, karena itulah eksplorasi makanan ini merupakan salah satu bentuk cinta pada negara sendiri.

Makanan apa saja yang memiliki citarasa khas Nusantara? Cukup banyak, Indonesia terdiri dari berbagai suku dan kepulauan. Dengan demikian, memiliki beragam aneka masakan. Terutama masakan tersebut terlahir dengan sejarahnya masing-masing, yang melatar belakangi terciptanya kuliner tersebut.

Eksplorasi Makanan Khas Indonesia Buat Kamu Pecinta Kuliner

Aneka Sambal

Makanan khas Indonesia selalu identik dengan sambal. Terbukti cukup banyak ditemukan beragam jenis sambal dari Sabang sampai Merauke. Sambal Khas masakan Nusantara ini menjadi pelengkap menu utama yang membuat citarasanya berbeda. Terutama bagi mereka yang menyukai citarasa pedas.

Aneka sambal dari berbagai kepulauan di Indonesia, memiliki citarasa masing-masing. Walaupun sama-sama pedas, namun nama dan penggunaan bumbu-bumbunya, serta teknik mengolahnya akan sedikit berbeda. Hal tersebut tergantung pada kebiasaan dan selera masing-masing penduduk wilayah sekitar.

Sebagai contoh, sambal teri medan dari Sumatera, sambal Ijo dari padang, sambel mentah dari Jawa Barat, sambal balado jengkol dari Jawa Barat, sambal Matah, sambal belacan, sambal kecap, semua sambal tersebut termasuk ke dalam eksplorasi makanan khas Indonesia. Bagi warga Indonesia rasanya belum lengkap bila makan tidak menggunakan sambal.

Baca Juga »  Rekomendasi Makanan Khas Jambi Paling Lezat

Makanan khas Indonesia itu sendiri memiliki citarasa yang memerlukan sambal untuk melengkapinya. Indonesia kaya akan beragam kuliner yang mengharuskan dilengkapi dengan sambal sebagai menu penambah selera makan. Dengan demikian, sambel menjadi makanan pelengkap yang tidak bisa dipisahkan dari makanan utama. Terutama bagi mereka yang menyukai citarasa pedas.

Olahan Daging 

Walaupun berbeda pada setiap wilayah, eksplorasi makanan khas Indonesia yang mengolah daging selalu memiliki penggemarnya masing-masing. Terbukti, dengan banyaknya penjaja kuliner olahan daging lintas wilayah yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Bagi Anda pecinta kuliner daging, jangan sampai melewatkan untuk mencoba makanan khas Indonesia dengan olahan daging di dalamnya.

Berbagai olahan daging sebagai makanan khas Indonesia ini sudah sangat terkenal dan tidak asing bagi para penikmat kuliner. Namun bagi Anda, mengeksplorasi kembali berbagai olahan daging tersebut tidak ada salahnya untuk lebih mengenal citarasa dan latar belakang budaya dibalik makanan yang disajikan.

Berbagai olahan daging sebagai masakan khas Indonesia yang kaya rempah, dari Sabang sampai Merauke, ada Rawon Surabaya, Coto Makasar, Tongseng Kambing, Berbagai Jenis Soto dari berbagai daerah di Indonesia, patut dicoba bagi para pecinta kuliner, khususnya bagi mereka yang menyukai daging.

Citarasa dari penggunaan bumbu-bumbunya yang kaya akan rempah menjadikan kuliner khas Indonesia ini memiliki citarasa yang unik, lezat, dan gurih. Ciri khas olahan daging khas Indonesia selalu dimasak matang sempurna. Sehingga terjamin kesehatannya. Karena daging yang tidak dimasak sempurna sangat mungkin terjadi pertumbuhan bakteri penyebab penyakit.

Olahan Ikan 

Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki banyak laut dan perairan yang kaya akan hasil ikannya. Oleh sebab itu olahan ikan menjadi makanan khas Indonesia yang wajib dicoba. Banyaknya beragam jenis ikan dari berbagai daerah perairan di Indonesia, ditambah sejarah dan budaya yang menjadikan olahan tersebut lahir, mengharuskan Anda sebagai pecinta kuliner untuk mencobanya.

Baca Juga »  Makanan Khas Perancis Paling Populer Beserta Ulasannya

Berbagai macam makanan khas Indonesia dari olahan ikan, yaitu:

  1. Pempek Palembang
  2. Ikan Patin Gulai
  3. Sate lilit
  4. Sate Bandeng
  5. Otak-otak

Olahan ikan tersebut menjadi makanan favorit tidak hanya di daerahnya sendiri, melainkan di berbagai daerah lainnya di Indonesia. Terbukti dengan banyaknya yang menjual olahan ikan sebagai kuliner khas Indonesia di berbagai daerah di Indonesia. Rasanya yang unik, perpaduan lezat dan gurih menjadikan Anda sebagai pecinta kuliner wajib untuk mencobanya.

Kue-kue Khas Nusantara 

Setelah mengeksplorasi berbagai menu utama, kini saatnya eksplorasi makanan khas Indonesia yang memiliki beragam olahan Kue-kue manis dan jajanan pasar yang mengundang selera. Anda bisa mengeksplorasi berbagai penganan manis tersebut, yang menjadi varian makanan Nusantara menjadi lebih beragam. Anda tidak hanya, memperoleh berbagai sajian jajanan pasar. Tapi juga nilai budaya yang tersembunyi di baliknya.

Beragam kue-kue khas Indonesia yang wajib dicoba,  ada sejarah dan simbol kebudayaan yang terdapat dibaliknya. Dengan demikian, bagi pecinta kuliner tidak hanya akan mendapatkan citarasanya saja, tetapi juga turut serta mengenal nilai-nilai budaya dan makna filosofinya. Berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Bika Ambon
    Walaupun bernama Bika Ambon, namun kue ini bukan berasal dari Ambon melainkan dari kota Medan. Bika Ambon merupakan kue ucapan selamat datang bagi para pendatang ke kota Medan. Itulah sebabnya kue ini sering ditemukan di hajatan-hajatan yang terdapat di berbagai daerah di Indonesia.
  2. Dodol Garut
    Dodol Garut ini merupakan sejenis penganan manis yang berasal dari Garut, Jawa Barat. Sebagai kelompok kue khas Indonesia, dodol Garut ini sudah memiliki nama yang cukup terkenal. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Garut Jawa Barat, penganan ini bisa dijadikan oleh-oleh.
  3. Tape Rol Bandung
    Berbahan baku tape khas kota Bandung, penganan ini cocok dijadikan sebagai oleh-oleh dari kota Bandung, disamping menikmatinya sendiri. Bahan dasar tape adalah singkong, yang mana banyak terdapat di berbagai daerah di Indonesia. Khususnya kota Bandung Jawa Barat yang terkenal akan tape. Untuk mengikuti perkembangan zaman, maka dibuatlah modifikasi dari tape, berupa tape rol.
  4. Karamel Susu
    Masih di daerah Jawa Barat. Penganan ini berasal dari kota Lembang, Bandung, Jawa Barat. Lembang merupakan salah satu penghasil susu sapi terbesar di Indonesia. Itulah sebabnya berbagai olahan dari bahan dasar susu diciptakan dari kota ini. Salah satu diantaranya adalah karamel susu ini.
  5. Lapis Surabaya
    Kue berasal dari provinsi Jawa Timur ini, sudah cukup terkenal. Modifikasi yang modern dari kuliner ini, menjadikan penganan ini hampir menyerupai cake modern pada umumnya. Bagi Anda pecinta kuliner, kue yang satu ini patut dicoba untuk memperkaya selera kuliner Nusantara.
Baca Juga »  Top 5 Makanan Khas Jepang Paling Favorit

Itulah beberapa kue-kue makanan khas Indonesia yang bisa dicoba. Perpaduan rasa manis dan gurih sesuai dengan citarasa khas Nusantara menjadikan Kue-kue tersebut layak untuk disejajarkan dengan kue lainnya yang berasal dari luar negeri. Kini Anda mengetahui beragam kelebihan kuliner khas Indonesia.

Keunikan makanan khas Indonesia terlahir dari sejarah dan nilai filosofinya. Oleh sebab itu, menikmati makanan tersebut bisa sebagai bentuk kecintaan kepada negeri sendiri. Terdengar aneh memang, namun bentuk kecintaan kepada negeri sendiri bisa dimulai dengan hal-hal kecil. Hal kecil tersebut bisa berdampak besar, yaitu menggerakan perekonomian rakyat, terutama yang berbisnis pada kuliner khas Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *