Makanan Khas Italia Terfavorit dan Ulasannya

makanan khas italia

Makanan Khas Italia Paling Favorit di Dunia

Italia merupakan negara di Eropa yang dikenal sebagai tujuan wisata populer selain Inggris, Perancis, Jerman, Swiss, dan Belanda. Tak hanya menawarkan tempat wisata indah dan berseni tinggi, sebab di sini Anda bisa menemukan aneka jenis makanan khas Italia yang menggoda selera. Bahkan, kelezatan menu Italia sudah dikenal luas di seluruh dunia. Salah satunya adalah berbagai menu pasta. Namun, selain pasta masih banyak makanan terfavorit asal Italia lainnya, apa saja?

  • Gnocchi
  • Pasta Carbonara
  • Ravioli
  • Tramezzino
  • Gelato
  • Tiramisu
  • Spaghetti Saus Tomat
  • Pizza Margherita
  • Linguine Alle Vongole
  • Lasagna
  • Tortelini
  • Ayam Parmigiana
  • Fetucini Alfredo
  • Friselle

5 Rekomendasi Makanan Ala Italia dan Ulasannya

Tertarik mencoba masakan ala Italia? Yuk, simak sejumlah rekomendasi makanan Italia beserta ulasan singkatnya berikut ini.

  1. Tramezzino
    Tramezzino merupakan masakan khas Italia yang terbuat dari roti sandwich dengan tambahan potongan tuna, daging, selada, tomat, dan mentimun serta prosciutto, yakni daging ham yang dimasak dan diiris tipis. Rasanya enak dan mengenyangkan.
  2. Ayam Parmigiana
    Ayam parmigiana merupakan makanan favorit masyarakat Italia. Makanan ini sangat pas disantap pada siang dan malam hari. Sesuai namanya, makanan ini terbuat dari ayam. Tampilan ayam parmigiana menyerupai cordon bleu.
    Dalam pembuatannya, ayam ini digoreng menggunakan campuran saus dan keju kemudian dihidangkan bersama sepiring spaghetti. Hal yang membedakan ayam parmigiana dengan cordon bleu terletak pada penempatan keju.
    Pada cordon bleu, keju diletakkan di bagian dalam, sedangkan pada ayam parmigiana, keju diletakkan di atas ayam. Ayam parmigiana menggunakan saus tomat pilihan sehingga cita rasanya berpadu apik. Daging ayamnya lembut, bumbunya meresap, dan sausnya lezat. Sangat nikmat!
  3. Fetucini Alfredo
    Fetucini Alfredo merupakan makanan yang memiliki sejarah panjang. Tak heran jika makanan ini sangat disukai para wisatawan di seluruh dunia. Fetucini sendiri merupakan sejenis pasta yang dicampur dengan mentega dan keju parmesan. Rasanya sangat gurih.
    Menurut catatan sejarah, makanan ala Italia ini diciptakan oleh seorang chef, Alfredo Di Lelio. Alfredo pertama kali memperkenalkannya fetucini buatannya pada tahun 1910. Rasanya yang lezat dan nikmat membuat Fetucini Alfredo langsung disukai.
  4. Ossobuco alla Milanese
    Ossobuco merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi. Daging sapi yang digunakan harus segar kemudian dipotong tebal, sekitar dua sentimeter. Potongannya bulat sehingga masih berisi tulang sumsum yang nikmat. Ossobuco harus dimasak menggunakan api kecil agar daging empuk dan bumbu meresap sempurna. Dipadukan dengan tomat segar, rasa ossobuco sangat lezat, yakni gurih dan menyegarkan.
    Selain dapat dinikmati langsung, ossobucco biasanya dihidangkan dengan beragam jenis makanan Italia lainnya. Mulai dari bubur jagung, rissoto, dan roti. Dijamin, sekali coba akan membuat Anda menginginkannya lagi!
  5. Risotto
    Apa tak kenal risotto? Risotto merupakan menu Italia yang menjadi andalan di hampir seluruh restoran atau rumah makan Italia. Sebelum dikenal luas, risotto hanya bisa ditemukan di kawasan Piedmont, yakni kawasan subur yang selalu ditumbuhi padi. Penduduk Piedmont mengolah hasil pertanian menjadi beragam kuliner lezat, sehat, dan mengenyangkan. Salah satunya adalah risotto. Untuk membuat makanan ini diperlukan kemampuan memasak yang baik.
    Pasalnya, nasi yang diolah haruslah memiliki tekstur yang pas, tidak keras dan tidak lembek. Setelah beras dicuci, beras akan dimasak dengan bumbu campuran yang terbuat dari bawang putih dan anggur segar. Perpaduan inilah yang memunculkan rasa khas nan nikmat ketika risotto disantap. Umumnya, risotto dihidangkan dengan tambahan sayuran, potongan daging, dan keju.
Baca Juga »  Top 5 Makanan Khas Solo Enak dan Murah Meriah

Demikianlah informasi mengenai makanan khas Italia lengkap dengan ulasan singkat. Tertarik mencobanya? Yuk, jalan-jalan ke Italia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *