Daftar Makanan Khas China Beserta Ulasan Singkat

Aneka Makanan Khas China Terpopuler

Makanan Khas China merupakan yang paling banyak disukai di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bahkan, hampir di seluruh negara terdapat rumah makan khas Negeri Tirai Bambu yang menawarkan menu terlaris dengan harga ramah kantong.

Barangkali Anda bertanya-tanya, mengapa makanan asal China sangat disukai? Selain jenisnya beragam, masakan China memiliki cita rasa yang lezat dan memiliki nilai gizi tinggi. Bahkan, beberapa menu harus dimasak secara tradisional. Inilah yang membuat rasanya begitu khas.

makanan khas china

Lantas, apa saja makanan China yang paling disukai masyarakat? Berikut daftarnya.

  • La Mian
  • Bebek Peking
  • Fu Yung Hai
  • Jian Biang
  • Hainan Jifan
  • Bakpao
  • Chow Mein
  • Dim Sum
  • Sanbeiji
  • Jiaozi
  • Nian Gao
  • Wonton
  • Lun Pia
  • La Ji Zi
  • Tahu Mapo
  • Sapo Tahu

5 Ulasan Singkat Makanan Khas Negeri Tirai Bambu Paling Recommended

Adapun sejumlah rekomendasi makanan terpopuler khas China, antara lain sebagai berikut.

  1. Bebek Peking
    Bebek Peking merupakan makanan paling populer, tidak hanya di China, melainkan seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Sesuai namanya, makanan yang dulunya hanya disajikan kepada raja China ini terbuat dari daging bebek peking. Bebek peking sendiri merupakan bebek yang hanya mengonsumsi biji-bijian selama dua puluh hari sebelum akhirnya dipotong.
    Proses memasaknya cukup rumit karena daging bebek harus direndam menggunakan cairan cabai atau dikenal dengan sebutan gochujang selama dua puluh empat jam agar meresap sempurna. Setelahnya, bebek harus digantung selama enam jam pada suhu ruangan hingga tiris baru kemudian dipanggang selama empat puluh lima menit dengan suhu mencapai 180 oC.
    Biasanya, bebek peking akan disandingkan dengan saus tiram dan dihidangkan pada acara khusus, seperti pernikahan. Namun, makanan ini juga mudah ditemukan di rumah makan khas China untuk dinikmati kapan pun, terlepas dari ada tidaknya acara spesial.
  2. Jian Bing
    Jian Bing merupakan makanan China yang menyerupai kebab atau crepes. Biasanya, jian bing dihidangkan sebagai menu sarapan. Bahkan, di negara asalnya sendiri, makanan ini masuk dalam daftar panganan ala street food yang murah dan lezat.
    Adonan Jian Bing terbuat dari campuran jagung dan gandum yang kemudian dimasak dengan campuran daging atau telur, bumbu, dan daun ketumbar. Adonan ini akan dimasak di atas wajan rata kemudian digulung dan dimasak hingga matang.
    Biasanya, jian bing dihidangkan bersama saus cokelat pedas. Makanan ini memiliki cita rasa lezat, gurih, dan termasuk rendah kalori.
  3. Dim Sum
    Dim sum merupakan makanan yang namanya diambil dari bahasa Kantonis yang artinya adalah makanan kecil. Dim sum terbagi ke dalam empat kategori, yakni dim sum goreng, dim sum kukus, dim sum ceker, dan dim sum manis.
    Makanan khas Negeri Tirai Bambu ini memiliki beragam jenis, yakni bakpao, mantau, siomay, hingga hakau. Dim sum memiliki bentuk yang kecil sehingga cocok dihidangkan sebagai menu sarapan. Biasanya, dim sum disandingkan dengan secangkir teh hangat.
  4. Won Ton
    Won Ton merupakan pangsit yang diisi dengan daging cincang, udang, atau sayuran dan bumbu campuran, yakni saus tiram, kecap asin, dan minyak wijen. Biasanya, makanan ini dihidangkan sebagai camilan atau makanan pelengkap ketika menikmati semangkuk sup. Won ton memiliki rasa gurih dan enak.
  5. La Ji Zi
    Bagi Anda yang menyukai makanan pedas, la ji zi wajib dicoba. Makanan ini terbuat dari potongan daging ayam yang dicampur pasta kacang pedas, bawang putih, cabai Sichuan kering, jahe, dan paprika Sichuan. Makanan bercita rasa pedas, gurih, dan sedikit manis ini dihidangkan dengan taburan bawang dan biji wijen panggang.
Baca Juga »  Ulasan Ringkas Makanan Khas India Terpopuler

Demikianlah informasi mengenai Makanan Khas China terpopuler lengkap dengan ulasan singkatnya. Penasaran bagaimana rasanya? Yuk, coba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *