5 Makanan Khas Palangkaraya yang Wajib Anda Coba

Daftar Makanan Khas Palangkaraya Paling Dicari

Salah satu kota di Kalimantan Tengah yang menjadi tempat berburu makanan khas yang nikmat adalah kota Palangkaraya. Di kota ini, Anda bisa dengan mudah mencari berbagai makanan khas Palangkaraya dengan citarasa yang tiada duanya. Mulai dari rasa asin, asam, gurih, dan manis, semua ada di sini.

Makanan Khas Palangkaraya
Gambar: cookpad

Dari sekian banyak makanan lezat dari Palangkaraya, berikut ini lima kuliner yang wajib Anda coba.

  1. Wadi Patin
    Bagi Anda penggemar olahan ikan asin jangan lewatkan kuliner khas Palangkaraya yang satu ini. Wadi Patin diolah dari bahan dasar ikan patin yang difermentasi bersama dengan garam dan beras merah. Makanan tradisional yang satu ini memberikan citarasa asin, asam dan sekaligus kesegaran ikan patin yang menggugah selera.

    Kuliner yang satu ini cocok dihidangkan di segala cuaca dengan cara dikukus atau digoreng. Wadi Patin ini biasanya disajikan bersama nasi hangat dan sambal serai yang khas. Aromanya yang khas akan langsung tercium dan dijamin membuat Anda merasa sangat lapar.

  2. Juhu Umbut Rotan
    Anda mungkin heran saat mendengar nama makanan yang satu ini karena rotan bukan merupakan bahan makanan yang lazim digunakan. Tapi, di beberapa wilayah Kalimantan Tengah termasuk kota Palangkaraya menjadikan rotan muda sebagai bahan dasar makanan khasnya.

    Juhu Umbut Rotan terbuat dari rotan muda yang melalui proses lumayan panjang sampai menghasilkan tekstur yang kenyal. Saat pertama kali mencicipi, Anda mungkin akan merasakan campuran citarasa pahit sekaligus gurih yang berasal dari rempah-rempah pilihan. Kuah Juhu Umbut Rotan ini bisa dihidangkan dengan menggunakan santan dan bisa juga tanpa santan.

  3. Hintalu Karuang
    Kuliner yang satu ini jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya adalah telur kelelawar. Namun jangan khawatir, bahan dasar yang digunakan bukanlah dari telur kelelawar yang sesungguhnya. Melainkan dari adonan tepung ketan yang dibentuk bulat-bulat kecil.

    Cara penyajian Hintalu Karuang ini dihidangkan dalam kuah santan berwarna coklat kental yang terbuat dari gula aren dan santan. Sebagian penjual bahkan ada yang menambahkan nangka atau durian dalam campuran kuahnya.

  4. Lemang
    Makanan tradisional Palangkaraya yang identik dengan makanan Melayu adalah Lemang. Kuliner yang satu ini terbuat dari beras ketan yang dimasak dalam sebuah bambu dan menjadi makanan pengganti nasi bagi masyarakat Palangkaraya.

    Bentuknya yang menyerupai lontong atau ketupat ini memiliki citarasa harum, gurih, dan nikmat. Lemang cocok dimakan bersama dengan lauk apa saja sesuai selera Anda. Sebagai saran, Anda akan merasakan kelezatan yang khas dari kota Palangkaraya dengan memadukan antara lemang dengan Wadi Patin goreng.

  5. Kalumpe
    Selain terkenal dengan kuliner berupa ikan, Palangkaraya juga memiliki makanan khas yang terbuat dari sayur-sayuran. Nama kuliner tersebut adalah Kalumpe yang terbuat dari daun singkong yang ditumbuk halus dan dicampur dengan irisan terong kecil beserta rempah-rempah khas kota Palangkaraya.

    Sebagai topping, di bagian atas Kalumpe ditambahkan dengan kacang tanah dan ikan teri. Kalumpe ini sangat lezat jika dihidangkan bersama dengan nasi hangat, sambal terasi dan lauk lainnya seperti ikan bakar atau wadi patin.

Jangan lewatkan aneka sajian makanan khas Palangkaraya yang memiliki citarasa yang khas dan menggoda selera. Saat berkunjung ke Palangkaraya, jangan lupa untuk menyiapkan daftar makanan apa saja yang wajib Anda cicipi selama berada di sana. Kenikmatan makanan khas dan keindahan kotanya dijamin membuat Anda betah untuk berlama-lama berada di sana.

 

Baca Juga »  5 Makanan Khas Pontianak yang Bikin Lidah Bergoyang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *