Nikmati 5 Makanan Khas Balikpapan Paling Populer

Ini Makanan Khas Balikpapan yang Tak Terlupakan

Makanan Khas Balikpapan

Berburu kuliner daerah yang khas dan populer merupakan agenda yang tidak akan dilupakan oleh setiap wisatawan. Anda bisa menikmati aneka makanan khas Balikpapan saat berkunjung ke Kalimantan Timur. Selain tempat wisatanya yang indah, kota Balikpapan juga memiliki aneka kuliner dengan ciri khasnya yang unik. Lima makanan yang akan membuat Anda susah lupa dengan kota Balikpapan adalah sebagai berikut:

  1. Bingka Kentang
    Makanan daerah khas Balikpapan yang pertama adalah Bingka kentang. Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini terbuat dari bahan utama kentang dengan bahan lainnya seperti gula dan telur. Teksturnya yang lembut dan langsung lumer saat menyentuh lidah menjadikan Bingka kentang sebagai salah makanan yang paling dicari wisatawan.

    Dulu, Anda hanya bisa menemukan Bingka kentang saat bulan Ramadhan saja. Namun saat ini makanan gurih sekaligus manis yang satu ini sudah bisa Anda jumpai setiap hari di kota Balikpapan. Beberapa varian yang ditawarkan adalah rasa original, coklat, keju, pisang, gula merah.

  2. Pisang Gapit
    Jajanan khas Balikpapan yang bentuknya unik dan bercita rasa gurih adalah Pisang Gapit. Sekali gigit, Anda akan enggan untuk beranjak pergi. Dengan bahan utama pisang kepok yang dimasak dengan cara dibakar dengan arang sampai setengah matang. Kemudian dipipihkan dengan cara digapit atau dijepit dengan kayu dibakar lagi hingga matang.

    Pisang Gapit ini disajikan bersama dengan kuah manis berwarna kecoklatan yang terbuat dari campuran santan, gula merah dan irisan nangka sebagai pemanis. Kuliner yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan santapan sore sambil ditemani dengan secangkir teh hangat.

  3. Bubur Gunting
    Salah satu makanan khas kota Balikpapan yang unik adalah Bubur Gunting. Kuliner yang satu ini terbuat dari adonan tepung ketan, air daun suji, garam, dan air kapur sirih yang dicampur menjadi satu.

    Adonan tersebut kemudian digunting memanjang lalu direbus bersama dengan santan, gula merah, dan sedikit garam. Cita rasa Bubur Gunting ini gurih dan manis, akan terasa lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan hangat bersama dengan teh tawar.

  4. Mie Hijau
    Satu lagi kuliner khas Balikpapan yang unik sekaligus lezat. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini berupa mie dengan warna hijau yang berasal dari rebusan adonan mie dengan sawi hijau.

    Ciri khas yang membedakan mie hijau dengan kuliner mie lainnya selain warnanya yang hijau adalah pilihan topping pada mie hijau. Anda bisa memilih topping berupa ayam khas Balikpapan atau kepiting yang lezat. Apapun topping yang Anda pilih tidak mengurangi citarasa lezat dari mie hijau ini.

  5. Kerupuk Amplang
    Salah satu kuliner yang gurih dengan citarasa ikan yang khas dari kota Balikpapan adalah kerupuk Amplang. Camilan yang satu ini terbuat dari bahan dasar ikan gabus, belida, dan ikan tenggiri  yang digiling halus dan dicampur dengan tepung sagu lalu digoreng hingga kering.

    Amplang ini merupakan salah satu camilan  yang selalu dicari oleh para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Beberapa varian rasa yang ditawarkan adalah rasa barbeque, ayam bawang, lada hitam, dan varian rasa lainnya.

Banyak sekali makanan khas Balikpapan yang bisa Anda temukan selama berada di kota ini. Anda akan mendapati berbagai kuliner dengan citarasa manis, gurih, dan lezat dengan bahan dasar santan di beberapa kuliner khas Balikpapan. Selamat berburu makanan lezat di Balikpapan.

Baca Juga »  Ini Daftar Tempat Kuliner di Surabaya yang Wajib Dicoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *