5 Makanan Khas Pontianak yang Bikin Lidah Bergoyang

Makanan Khas Pontianak Paling Terkenal

Makanan Khas Pontianak

Mencicipi makanan khas Pontianak merupakan hal wajib yang harus Anda lakukan saat berkunjung ke ibukota Kalimantan Barat ini. Banyak sekali makanan tradisional yang bisa membuat lidah bergoyang. Mulai dari makanan berat sampai dengan jajanan yang nikmat bisa Anda temukan di kota Khatulistiwa ini. Penasaran dengan makanan khas kota Pontianak yang memanjakan lidah. Simak ulasan berikut ini:

  1. Kue Khas Pontianak Bingke Berendam
    Makanan khas dari kota Pontianak yang pertama adalah kue Bingke Berendam. Kue yang satu ini memiliki tekstur yang lembut dan varian rasa yang nikmat. Diantaranya adalah rasa original yang manis, rasa keju, durian, kacang hijau, kentang, coklat, susu, dan varian rasa lainnya.

    Disebut sebagai Bingke Berendam karena kue berbentuk bunga mekar ini cara penyajiannya adalah dengan disiram campuran air gula dan putih telur. Anda bisa menemukan kue Bingke Berendam ini di restoran dan tempat makan yang menyajikan masakan khas kota Pontianak.

  2. Choi Pan / Chai Kwe Pontianak
    Makanan terkenal di kota Pontianak yang merupakan jajanan khas Tionghoa adalah Choi Pan / Chai Kwe. Walau demikian, Anda tidak perlu ragu karena jajanan yang satu ini halal. Terbuat dari berbagai macam sayuran yang terdiri dari kucai, kacang, bengkuang, rebung, dan talas. Semua bahan tersebut dibungkus dalam satu adonan dari tepung beras.

    Pada bagian atas Choi Pan ditaburi bawang putih goreng. Kuliner yang satu ini umumnya disajikan dengan cara dikukus. Namun ada pula penjual yang menyajikannya dengan cara digoreng. Anda bisa menikmati Choi Pan secara langsung atau dengan menambahkan saus khas yang menambah kenikmatan jajanan khas Pontianak ini.

  3. Burung Punai Pontianak
    Makanan khas kota Pontianak yang satu ini dijamin akan membuat Anda tidak berhenti mengunyah. Burung Punai adalah unggas yang mirip merpati tapi memiliki bulu berwarna hijau. Anda bisa menikmati sajian burung Punai yang sudah dibumbui sebelumnya dengan cara digoreng atau dibakar. Tekstur daging burung Punai sangat lembut dan rasa gurihnya meresap hingga ke tulang. Sangat cocok jika disajikan dengan nasi putih hangat.
  4. Tau Swan / Lek Tau Suan Pontianak
    Satu lagi Jajanan khas Pontianak yang merupakan makanan khas Tionghoa. Tau Swan / Lek Tau Suan ini sangat cocok disantap saat malam hari, cuaca dingin, atau saat musim penghujan tiba. Makanan yang satu ini berupa kuah kental yang berisi kacang hijau. Kuah kental itu sendiri terbuat dari campuran gula pasir, tepung tapioka, dan daun pandan. Sebagai pelengkap, Tau Swan ini disajikan bersama dengan cakwe goreng yang gurih.
  5. Sotong Pangkong Pontianak
    Masakan dengan bahan dasar cumi atau sotong khas kota Pontianak dikenal dengan nama Sotong Pakong. Jika cumi biasa disajikan dengan cara digoreng atau ditumis, berbeda dengan Sotong Pakong ini. Awalnya, cumi akan dijemur sampai kering terlebih dahulu sebelum dipanggang sampai matang. Kemudian cumi panggang tersebut akan dipukul-pukul hingga teksturnya empuk dan tidak alot saat akan dihidangkan. Anda bisa menikmati Sotong Pakong ini secara langsung tanpa nasi atau bisa juga dengan menambahkan kuah sambal kacang atau sambal pedas manis.

Berkunjung ke Kalimantan Barat tidak akan lengkap tanpa menikmati aneka makanan khas Pontianak yang akan membuat lidah bergoyang. Mulai dari jajanan manis seperti Bingke Berendam dan Tau Swan, makanan gurih Choi Pan, serta makanan penggugah selera Burung Punai dan Sotong Pangkong. Semua sajian nikmat tersebut dijamin akan membuat Anda enggan untuk pulang.

 

Baca Juga »  Aneka Wisata Kuliner Banjarmasin yang Wajib Anda Coba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *