Lezatnya 5 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Sayang Terlewatkan

Ini Lho 5 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Sayang Dilewatkan

Kalimantan Timur terkenal akan Suku Dayak dan Kutai yang mendiami sebagian wilayah tersebut. Berbagai macam tempat wisata terkenal pun terdapat di provinsi tersebut seperti Pulau Derawan dan Pulau Sangalaki yang menjadi incaran lokal maupun mancanegara. Akan tetapi, wisata kulinernya pun tidak kalah nikmat dengan tempat lain di Indonesia. Kebanyakan makanan khas kalimantan timur merupakan kombinasi dari berbagai budaya dan suku, jadi anda wajib untuk mencobanya.

nasi bekepor khas kalimantan

Nah, berikut 5 makanan khas Kalimantan Timur yang harus kamu coba ketika bermain ke sana. Apa saja itu? Yuk, simak uraiannya.

  1. Nasi Bekepor
    Secara sekilas, tampilan nasi bekepor tidak ubahnya seperti olahan nasi liwet pada umumnya dengan lauk di sekeliling. Namun, yang membedakan adalah proses memasaknya.

    Nasi bekepor dimasak menggunakan alat khusus khas Kalimantan Timur yang disebut ketel. Beras yang sudah dicuci bersih dimasak bersamaan beberapa bumbu pelengkap. Kemudian ketika nasi sudah matang dan sebelum diangkat, campurkan ikan asin, kemangi, dan daun jeruk ke dalamnya. Biarkan selama beberapa saat, dan angkat ketika pinggirnya sudah berkerak.

  2. Sate Payau
    Sate umumnya terbuat dari daging ayam, kambing, atau sapi. Namun, di Kalimantan Timur, kamu akan menemui sate yang terbuat dari daging rusa. Sate payau namanya.

    Sate payau memiliki tekstur yang lembut, bahkan dagingnya lebih lembut dan lezat dibanding daging sapi. Namun, sayangnya saat ini untuk menikmati sate payau sudah susah, lantaran rusa merupakan salah satu hewan yang dilindungi sehingga tidak diperbolehkan untuk diburu lagi.

    Namun, jika kamu ingin mencicipinya, datanglah ke Kalimantan Timur ketika ada perayaan khusus baik festival kesenian atau upacara adat. Saat itulah sate payau akan ada di sana dan kamu bisa mencicipinya.

  3. Gence Ruan
    Gence ruan merupakan salah satu makanan yang terbuat dari hewan laut. Biasanya masyarakat akan membuat gence ruan menggunakan ikan gabus yang disebut ikan Haruan oleh warga lokal. Dagingnya bertekstur lembut dan kenyal, sehingga akan terasa nikmat ketika disantap.

    Umumnya, ikan gabus diolah dengan cara dibakar. Kemudian disiram tumisan bumbu rempah khas Kalimantan Timur yang terdiri dari campuran bawang putih dan merah, cabai serta rempah-rempah penyedap lainnya.

  4. Ayam Cincane
    Dari segi tampilan, ayam cincane tidak berbeda jauh dengan masakan ayam lainnya. Namun, yang membedakan adalah rasa serta tekstur yang dimiliki. Ayam cincane memiliki tekstur yang lembut lantaran menggunakan ayam kampung sebagai bahan utama. Kemudian terdapat rasa gurih dari bumbu-bumbu yang dipakai seperti jahe, lengkuas, serta kemiri.

    Mulanya, ayam cincane hanya bisa dinikmati di acara-acara khusus seperti pesta pernikahan, perayaan kelahiran bayi, atau upacara adat. Akan tetapi, kini kamu bisa menikmatinya dengan mudah di restoran-restoran.

  5. Rabo Ruan
    Meskipun sama seperti gence ruan yang menggunakan ikan gabus sebagai bahan dasar, tetapi cara memasaknya berbeda. Rabo ruan lebih mirip seperti abon ikan. Prosesnya, ikan gabus dimasak dengan dikukus terlebih dahulu hingga matang, kemudian disuwir tipis-tipis. Suwiran tersebut kemudian diberi bumbu seperti cabai, gula merah, bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan garam. Selanjutnya dimasak dengan santan menggunakan api kecil agar tidak mudah gosong atau terlalu kematangan.

    Nah, rabo ruan ini sangat cocok untuk menjadi lauk atau camilan bagi kamu yang suka ngemil makanan gurih dan asin. Bisa juga rabo ruan dijadikan oleh-oleh untuk kerabat.

Itulah 5 makanan khas Kalimantan Timur yang sayang kamu lewatkan. Jadi, makanan mana yang ingin kamu cicipi pertama kali?

Baca Juga »  5 Pilihan Makanan Khas Magelang Paling Enak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *