5 Rekomendasi Makanan Khas Kalimantan Tengah, Nomor 3 Paling Ekstrem

Daftar 5 Rekomendasi Makanan Khas Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah selalu terkenal dengan penangkaran orang utannya. Padahal, selain tempat wisata dan keadaan kotanya yang masih asri, Kalimantan Tengah juga memiliki berbagai macam makanan khas yang menggugah selera dan sangat khas.

Makanan Khas Kalimantan Tengah

Apa saja itu? Yuk, simak 5 rekomendasi makanan khas Kalimantan Tengah berikut.

  1. Juhu Kujang
    Juhu kujang merupakan masakan yang berbahan dasar keladi. Yaitu tanaman liar yang umumnya dimanfaatkan untuk obat-obatan. Tetapi, ada juga yang mengolahnya menjadi makanan seperti sayuran umumnya. Namun, sebelum mengolah keladi, tanaman tersebut harus dimasak terlebih dahulu hingga matang untuk menghilangkan getah yang dapat menimbulkan gatal ketika disantap.

    Biasanya untuk menikmati juhu kujang, keladi dimasak bersama bahan lainnya seperti potongan daun nangka, ikan yang sudah dibumbui, serta santan. Rasanya gurih dari keladi serta bahan-bahan lainnya.

  2. Wadi
    Wadi merupakan olahan ikan yang diawetkan dalam jangka waktu tertentu. Lamanya masa pengawetan disesuaikan dengan pembuat serta ikan yang digunakan. Wadi awalnya digunakan untuk makanan di kala musim paceklik, atau tidak ada panen yang diperoleh oleh masyarakat Suku Banjar dan Dayak yang berada di wilayah Palangkaraya. Akan tetapi, seiringnya perkembangan zaman, wadi justru menjadi makanan favorit masyarakat setempat.

    Wadi yang merupakan hasil pengawetan tersebut akan langsung dimakan oleh masyarakat tanpa diberi bumbu apa pun. Maka, tidak heran bila bagi orang awam, wadi akan terasa aneh lantaran bau amis yang terasa menyengat. Banyak yang tidak menyukainya, kecuali warga lokal. Namun, kini kamu bisa menikmati wadi dengan berbagai bahan tambahan lain yang sudah diolah seperti jeruk nipis untuk menyamarkan aroma amis dalam wadi serta gula merah.

  3. Bengamat
    Bengamat merupakan salah satu makanan ekstrem yang ada di Kalimantan Tengah. Makanan ini terbuat dari daging kelelawar yang sudah dibersihkan kemudian diberi bumbu dan dimasak hingga matang. Umumnya, masyarakat menggunakan sulur kenari atau hati batang pisang sebagai teman daging kelelawar ketika memasaknya.
  4. Kalumpe
    Kalumpe merupakan kuliner khas Suku Dayak yang tinggal di wilayah Kalimantan Timur. Tampilannya sekilas mirip sayur yang terbuat dari daun singkong yang biasa dibuat masyarakat Jawa. Namun, yang membedakan Kalumpe menggunakan sayuran yang sudah ditumbuk halus sebelum dimasak. Sementara sayur singkong menggunakan bahan yang hanya dipotong secara kasar.

    Umumnya masyarakat akan memasaknya dengan kuah kental berwarna kekuningan. Ketika dihidangkan, diberi taburan ikan teri atau kacang tanah. Untuk menambah rasa di dalamnya, terong pipit ditambahkan sebagai pelengkap.

  5. Kue Gagatas
    Dulu, kue gagatas merupakan salah satu makanan yang disiapkan oleh masyarakat Kalimantan Tengah untuk menghadapi musim paceklik, menjadi teman wadi. Makanan ini terbuat dari beras ketan dengan bentuk lonjong atau pipih.

    Namun, kini kue gagatas dijadikan sebagai camilan sore untuk menemani acara berkumpul bersama keluarga. Rasanya yang manis, sangat pas bila dihidangkan bersama teh hangat atau kopi. Kamu pun bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk kerabat di rumah.

Itulah 5 rekomendasi makanan khas Kalimantan Tengah. Mana yang akan kamu pilih untuk dicicipi pertama kali? Bengamat atau yang lain? Apa pun itu, selamat menikmati kuliner khas Kalimantan Tengah. Jangan lupa untuk mencoba olahan lainnya yang tidak kalah lezat ketika berkeliling di sekitar Kalimantan Tengah bersama sanak saudara. Selamat berlibur dan berburu kuliner khas.

 

Baca Juga »  Top 5 Makanan Khas Solo Enak dan Murah Meriah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *