Nikmati 5 Makanan Khas Kalimantan Barat Ketika Berkunjung

5 Makanan Khas Kalimantan Barat ini Bisa Menjadi Pilihan Ketika Berkunjung

Berlibur ke suatu tempat tanpa mencicip makanan khas daerah tersebut, rasanya kurang lengkap. Terlebih jika berada di Kalimantan Barat yang terkenal akan kulinernya yang beragam dari berbagai suku yang menghuni wilayah tersebut. Sungguh rugi bila tidak sempat menikmatinya. Maka, ketika kamu tengah berlibur atau mengunjungi saudara di Kalimantan Barat, cobalah sempatkan diri untuk mencicipi 5 makanan khas Kalimantan Barat berikut ini.

Mie Sagu Khas Kalimantan Barat
Image: Makananoleholeh
  1. Mie Sagu
    Sagu memang bahan pokok masyarakat Indonesia selain padi. Maka, tidak heran bila banyak olahan dari sagu yang dikonsumsi sebagai makanan utama. Nah, di Kalimantan Barat, kamu wajib mencoba mie sagu khas daerah tersebut. Mie tersebut terbuat dari sagu yang kemudian dimasak dengan bumbu serta kuah kaldu. Terdapat pula sayuran tambahan seperti kucai dan potongan daging sebagai pelengkap. Mie sagu memang terdapat diberbagai tempat di Indonesia, tetapi di Kalimantan makanan khas Pontianak ini lebih sedap rasanya.
  2. Bubur Pedas
    Bubur pedas merupakan makanan khas keraton yang kemudian menjadi makanan tradisional khas Kalimantan Barat. Bubur pedas terbuat dari beras yang sudah dihaluskan dimasak dengan cara disangrai bersama aneka bumbu penyedap serta sayuran sebagai pelengkap. Agar lebih nikmat, kamu bisa menambahkan lauk seperti daging cincang atau sayuran seperti wortel, ubi, dsb
  3. Asam Pedas Tempoyak
    Tempoyak merupakan olahan daging durian hasil proses fermentasi. Tempoyak kemudian dimasak dengan ikan patin. Lembutnya tempoyak akan bercampur dengan kelembutan daging ikan patin. Hm … nikmatnya. Ditambah lagi, bila kamu menikmatinya bersama dengan nasi panas yang masih mengepulkan uap atau baru saja matang. Kenikmatannya akan bertambah.

    Selain memiliki kandungan gizi yang lengkap dari ikan patinnya, para pecinta durian pun akan terpuaskan. Sementara untuk kamu yang tidak menyukai durian, dapat tetap menikmatinya lantaran keharuman durian yang menyengat tidak akan terlalu tercium.

  4. Lemang
    Lemang merupakan salah satu makanan khas masyarakat Kalimantan Barat yang wajib ada ketika terdapat upacara adat atau acara-acara khusus tertentu. Umumnya disajikan dengan lauk seperti rendang, telur asin, olahan ikan, atau yang lainnya.

    Lemang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan kemudian dimasak di dalam ruas bambu sebelum akhirnya dibakar. Aroma sedap khas makanan yang dibakar akan tercium ketika lemang disajikan. Pembakaran dalam bambu juga dapat menguatkan bumbu di dalamnya.

  5. Sungkui
    Makanan khas lainnya yang umum ditemukan sewaktu pesta adat atau acara tertentu adalah Sungkui, yang berasal dari daerah Sanggau. Sungkui merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan cara dibungkus menggunakan daun sungkui yang berasal dari tanaman keririt.

    Nah, keririt sendiri merupakan salah satu tanaman yang hidup di area pinggir hutan sepanjang jalan menuju wilayah Sanggau. Bentuknya lebar mirip dengan daun pisang. Namun, sayang saat ini sudah susah untuk mendapatkan daun sungkui.

    Cara masak sungkui pun cukup mudah. Beras ketan yang sudah dibungkus daun sungkui, kemudian diikat dan dikukus selama kurang lebih 6 jam. Selama 6 jam tersebut, sungkui harus dibolak-balik agar matang secara merata. Prosesnya mirip dengan pengolahan ketupat atau lontong.

Itulah 5 makanan khas Kalimantan Barat yang bisa jadi pilihan untuk berburu kuliner ketika tengah berkunjung ke wilayah Kalimantan Barat. Masih ada banyak makanan khas lainnya yang bisa dicicipi seperti berbagai olahan mie, makanan khas masyarakat Melayu, ataupun masyarakat Tionghoa yang menghuni sebagian wilayah Kalimantan Barat.

 

Baca Juga »  Nikmati 5 Makanan Khas Balikpapan Paling Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *