5 Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Maknyus. Nomor 2 Paling Lezat!

5 Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Paling Maknyus

RencanaKuliner.com – Rumah Banjar merupakan ikon paling menarik yang ada di Kalimantan Selatan. Ada juga floating market yang terkenal yaitu Lok Baintan. Tempat-tempat itu selalu ramai dikunjungi wisatawan, bukan hanya lokal tetapi juga dari daerah lain yang memiliki tujuan untuk mencicipi makanan khas Kalimantan Selatan. Kamu pun bisa mengunjungi tempat wisata lainnya ketika tengah berada di Kalimantan Selatan.

Makanan Khas Kalimantan Selatan

Nah, usai menjelajah, tentu menikmati kuliner khas adalah pilihan tepat. Berikut ini 5 rekomendasi makanan khas Kalimantan Selatan yang paling maknyus, sehingga sayang buat dilewatkan.

  1. Gangan Humbut
    Gangan humbut merupakan makanan yang berbahan dasar rebung dan potongan iga sapi. Kedua bahan utama tersebut dicampur dengan bumbu dari beberapa rempah-rempah khas Kalimantan Selatan sebelum dimasak. Gurih dan manis akan langsung terasa di lidah ketika kamu menikmatinya.

    Namun, sayangnya penganan Gangan Humbut tidak banyak tersedia di hari-hari biasa. Paling banyak muncul di momen tertentu, seperti ketika bulan Ramadhan, atau saat ada acara seperti pesta pernikahan.

  2. Iwak Basamu
    Penganan iwak basamu merupakan salah satu makanan yang harus dimasak setelah diawetkan terlebih dahulu. Lama pengawetannya tergantung dari ikan yang digunakan. Masyarakat biasanya menggunakan ikan sepat, saluang, gabus atau bahkan ikan papuyu.

    Sebelum diawetkan, iwak basamu akan diberi bumbu yang terdiri dari garam, kunyit, serta beras yang disangrai terlebih dahulu sebelum ditumbuk secara kasar. Bumbu tersebut dioleskan ke seluruh bagian ikan kemudian didiamkan selama beberapa waktu, sesuai dengan jenis ikan yang digunakan. Untuk menikmatinya, biasanya ikan cukup digoreng dan dijadikan lauk.

  3. Amparan Tatak
    Makanan manis khas Kalimantan Selatan yang bisa Anda nikmati adalah amparan tatak. Makanan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula, garam, vanili, serta daun pandan untuk menambah sedap. Isiannya biasanya berupa pisang raja yang dipotong kotak kecil-kecil atau buah nangka yang diiris tipis-tipis. Santan pun dicampurkan sebelum adonan dimasukkan ke dalam cetakan dan dikukus selama beberapa menit.

    Kelembutan amparan tatak akan menyatu dengan manisnya pisang serta gurihnya santan di gigitan pertama ketika mencicipi. Makanan ini cocok untuk dijadikan makanan penutup atau sekadar cemilan santai di pagi hari, dengan ditemani secangkir teh hangat.

  4. Kalangkala
    Kalangkala adalah nama buah yang hidup di wilayah Kalimantan Selatan. Kemudian buah tersebut dijadikan sebagai bahan utama makanan dengan nama yang sama. Bentuk buahnya adalah bulat dengan warna merah muda sewaktu matang.

    Rasa yang dihasilkan buah Kalangkala mirip seperti alpukat yang manis-manis hambar, tapi bikin nagih. Untuk memasaknya, biasanya kalangkala hanya diberi kuah bening dengan garam atau bubuk cabai sebagai penyedap.

  5. Mandai
    Mandai merupakan penganan yang terbuat dari kulit cempedak yang difermentasikan. Makanan ini umumnya dijadikan cemilan atau lauk makanan utama. Ada juga yang memasaknya bersamaan sayuran lain. Proses fermentasinya pun beragam, sesuai selera.

    Nah, cempedak sendiri merupakan buah yang hidup di wilayah Kalimantan Selatan dengan tekstur seperti buah nangka, tetapi memiliki kelembutan daging yang lebih lembut serta aroma yang lebih menyengat dari nangka. Tekstur lembut itulah yang kemudian akan terasa ketika kamu mencicipi mandai secara langsung, tanpa diolah dengan bahan-bahan lainnya.

Nah, itulah 5 makanan khas Kalimantan Selatan yang paling maknyus. Sambil berlibur dan berwisata, jangan sampai tidak mencobanya ketika berkunjung ke Kalimantan Selatan.

 

Baca Juga »  Top 5 Makanan Khas Jepang Paling Favorit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *