Yuk, Intip 5 Makanan Khas Kalimantan Utara yang Menggugah Selera

Daftar 5 Makanan Khas Kalimantan Utara

RencanaKuliner.com – Kalimantan Utara tercatat sebagai provinsi termuda di Indonesia. Pasalnya, baru saja terbentuk di tahun 2012 lalu dengan Tarakan sebagai ibukota. Keadaan penduduk yang berasal dari berbagai suku, membuat Kalimantan Utara memiliki ragam makanan khas. Nah, berikut 5 makanan khas Kalimantan Utara yang bisa kalian cicipi ketika berkunjung ke sana.

Kepiting Soka Kalimantan Utara
Foto: pesona.travel
  1. Kepiting Soka
    Ibu kota Kalimantan Utara, tidak hanya terkenal akan minyak yang terdapat di alamnya, tetapi juga makanan laut. Salah satu yang wajib dicicipi adalah kepiting soka atau biasa disebut kepiting lemburi. Jenis kepiting ini memiliki cangkang serta kulit yang masih lembut lantaran baru saja berganti kulit atau disebut moulting. Karena itulah, kamu tidak perlu memisahkan antara cangkang dan kulitnya ketika memakannya.

    Kepiting sendiri mengandung  protein dan vitamin yang cocok untuk tubuh, serta rendah lemak dengan sumber mineral yang cukup tinggi. Maka, tidak heran bila sering menjadi incaran para pecinta kuliner laut. Untung cangkang kepiting soka sendiri, bila dikonsumsi, maka terdapat chitosan dan karotenoid yang mampu menyerap lemak jahat serta membunuh racun-racun dalam tubuh. Virus dan bakteri pun akan jauh-jauh lantaran adanya selenium yang terkandung dalam kepiting yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus maupun bakteri.

  2. Lawa
    Lawa merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Kerajaan Bulungan, sebuah kerajaan yang berada di Kalimantan Utara. Olahan ini terbuat dari campuran sayuran serta hewan laut seperti udang galah atau kerang.

    Biasanya masyarakat Kalimantan Utara menggunakan timun atau rumput laut dicampur udang galah dan kelapa sebagai bumbu kemudian disangrai hingga matang. Rasa manis dan gurih akan langsung menyerang lidah ketika kamu memakannya. Makanan ini pun cocok untuk pembuka sebelum makanan utama dihidangkan.

    Selain mampu mengenyangkan perut, lawa pun sangat baik untuk tubuh. Pasalnya terdapat kandungan protein di dalamnya, serta mampu membantu mengurangi kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah tinggi.

  3. Nasi Subut
    Bila umumnya nasi berwarna putih atau kuning, maka olahan padi yang berasal dari Kabupaten Tana Tidung ini justru berwarna ungu. Nasi subut namanya. Makanan ini terbuat dari nasi yang sudah matang dicampurkan dengan ubi jalar warna ungu dan jagung yang sudah direbus terlebih dahulu.

    Warna ungu dari nasi subut berasal dari warna yang dimiliki ubi jalar. Rasa yang timbul ketika menyantapnya adalah manis dari ubi maupun jagung, kemudian gurih dari nasinya itu sendiri.

  4. Ikan Asin Richa
    Tarakan memang terkenal akan olahan lautnya. Bahkan hingga diekspor ke negara tetangga yang berbatasan langsung, yaitu Sabah dan Serawak, Malaysia. Salah satu olahan yang paling digemari adalah ikan asin richa, masakan khas Suku Tidung, suku asli masyarakat Tarakan.

    Makanan ini terbuat dari ikan yang dibumbui. Cocok untuk lauk atau sekadar dimakan sebagai camilan. Lebih nikmat lagi kalau kamu menikmatinya bersama sayuran singkong dan nasi panas yang masih mengepulkan asap.

  5. Tumis Kapah
    Kapah merupakan salah satu jenis kerang yang hidup di sekitar perairan di Tarakan. Biasanya mudah ditemukan di area pantai yang berlumpur atau laut. Nah, tumis kapah merupakan olahan makanan yang terbuat dari kapah itu sendiri kemudian ditumis dengan berbagai bumbu seperti bawang putih, bawah merah, penyedap rasa, serta jeruk nipis untuk menguatkan rasanya. Umumnya dinikmati bersama es kelapa muda.

Itulah 5 makanan khas Kalimantan Utara yang bisa kamu cicipi ketika berkunjung ke sana untuk berlibur atau mengunjungi sanak saudara. Selamat berburu kuliner.

Baca Juga »  20 Rekomendasi Makanan Khas Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *