20 Rekomendasi Makanan Khas Kalimantan

Inilah Makanan Khas Kalimantan yang Layak Anda Coba!

Bagi Anda pecinta kuliner khas nusantara, jika Anda sedang berada di Kalimantan pastikan Anda mencoba makanan khas Kalimantan yang terkenal enak dan biasanya hanya bisa Anda temukan di pulau Kalimantan.

Chai Kue Khas Kalimantan
Foto: shopback.co.id

Kira-kira apa saja? Berikut ini 20 rekomendasi makanan khas Kalimantan yang layak Anda coba selama berada di Kalimantan:

  1. Ketupat Kandangan
    Berbeda dengan kebanyakan ketupat yang biasanya dimakan dengan daging ayam atau sapi. Ketupat khas Kalimantan ini disajikan dengan ikan lho! Namun, jenis ikan yang digunakan untuk hidangan ketupat kandangan ini adalah ikan gabus. Sementara, ikan gabus tersebut sebelumnya harus dipanggang dahulu baru kemudian dimasak dengan bumbu dan kuah bersantan. Cukup menggoda selera makan Anda, kan?
  1. Chai Kue
    Cemilan khas Kalimantan yang cukup digemari yaitu Chai Kue. Chai Kue sendiri merupakan makanan yang sedikit banyak mengandung unsur budaya Tiongkok. Makanan ini biasanya mempunyai isian berupa ebi dan lobak yang cukup enak dengan tambahan sambal rasa asam pedas. Perpaduan bahan dan isian Chai Kue inilah yang membuat makanan ini terasa sangat enak. Jika, Anda sedang berada di daerah Pontianak, Anda bisa menemukan Chai Kue di beberapa warung makan yang ada di sana.
  1. Manday
    Salah satu makanan asli Kalimantan yang cukup digemari yaitu Manday. Manday sendiri terbuat dari bahan dasar olahan kulit buah cempedak yang telah diasinkan. Sebelum menyantap hidangan khas Kalimantan ini, pastikan Anda menggoreng Manday terlebih dahulu dahulu agar rasanya semakin enak. Selain itu, Manday ini juga hanya bisa Anda temukan di daerah Kalimantan, jadi jika Anda berkunjung ke Kalimantan jangan lupa cicipi Manday ya!
Bubur Pedas Khas Kalimantan
Foto: yukepo.com
  1. Bubur Pedas
    Hampir sama dengan bubur yang biasanya setiap hari Anda makan, ciri khas bubur ini yaitu memiliki isian ikan teri, kacang, sambal dan berbagai sayuran lainnya. Namun. tahukah kamu meskipun namanya Bubur Pedas, nyatanya bubur khas Kalimantan Barat ini memiliki rasa yang tidak pedas sama sekali. Wah cukup unik, jadi penasaran bagaimana rasanya?
  1. Pengkang
    Cemilan khas Pontianak yang juga wajib Anda coba yaitu Pengkang. Kue ini terbuat dari bahan ketan dengan isian ebi. Selain itu, agar semakin nikmat dalam menyantap makanan asli Kalimantan barat ini, sebaiknya tambahkan saus pedas dalam penyajiannya agar rasanya semakin nikmat. Jadi, bagi Anda yang berkunjung ke Kalimantan Barat, jangan lupa untuk menikmati Pengkang yang lezat ini!
  1. Hekeng
    Sama halnya dengan Chai Kue, Hekeng juga merupakan cemilan yang terpengaruh dari budaya Tiongkok. Memiliki rasa yang mirip dengan siomay, Hengkeng biasanya diolah dari campuran daging, udang, hingga babi. Selain itu, biasanya makanan khas Kalimantan ini digoreng dan kemudian disajikan dengan kuah dengan rasa asam manis.
  1. Soto Banjar
    Makanan khas Kalimantan yang satu ini sangat terkenal hampir di seluruh daerah di Indonesia. Pasalnya, soto ini memiliki rasa yang sangat enak dengan bumbu rempah-rempah khas Kalimantan. Ciri khas soto Banjar dengan soto di daerah lainnya yaitu adanya bumbu kuah manis di kuah soto tersebut. Selain itu, biasanya soto ini juga disajikan dengan ayam, daging, telur, bergedel dan lainnya. Selain di Kalimantan, Anda juga bisa menyantap Soto Banjar di beberapa rumah makan khas Kalimantan yang tersebar di seluruh Indonesia lho!
  1. Kalumpe
    Kalumpe merupakan makanan yang terbuat dari daun singkong dengan kuah santan yang kaya akan rempah-rempah. Biasanya masakan daun singkong berkuah singkong seperti ini paling sering Anda temukan pada masakan khas daerah Padang maupun Sumatera lainnya. Namun, ternyata di Kalimantan Anda bisa menemukan Kalumpe. Jadi bagi Anda pecinta makanan bersantan, tidak ada salahnya mencoba Kalumpe!
  1. Bingka Barandam
    Bagi Anda yang pecinta jajanan tradisional, Anda bisa mencoba cemilan khas Kalimantan Bingka Barandam. Kue yang terbuat dari bahan tepung, gula, telur, dan kayu manis memiliki cita rasa yang cukup manis. Selain itu, Kue Bingka Barandam ini sangat cocok untuk dijadikan kudapan untuk disajikan ke tamu undangan ketika ada acara tradisional. Selain itu, makanan ini juga dijual di beberapa toko oleh-oleh khas Kalimantan yang tersebar di seluruh Indonesia.
  1. Nasi Bekepor
    Anda ingin menikmati sajian ala raja Kalimantan? Jangan lupa mencoba Nasi Bekepor. Nasi ini dibuat dari nasi liwet dengan santan yang disajikan dengan daging ayam. Nasi liwet ini merupakan nasi yang digemari oleh raja-raja Kalimantan, jadi bisa dipastikan bahwa nasi ini memang sangat enak. Jadi, apakah Anda penasaran dengan cita rasa Nasi Bekepor? Dan kira-kira apa bedanya dengan nasi-nasi liwet lainnya yang ada di Indonesia? Untuk itu, jangan lupa mencoba menu ini ketika Anda berada di Kalimantan ya!
  1. Mie Sagu
    Mungkin Anda mengira bahwa hanya makanan khas daerah timur Indonesia yang berasal dari bahan baku sagu? Nah, di Kalimantan Anda juga bisa menemukan mie yang terbuat dari sagu dengan rasanya yang enak. Sama dengan jenis mie lainnya yang berada di Indonesia, Mie Sagu ini juga dimasak layaknya mie lainnya yang bisa Anda jadikan mie goreng maupun mie rebus dengan tambahan kuah. Selain itu, keistimewaan dari Mie Sagu ini yaitu disajikan bersama daun kucai dan kacang-kacangan. Mie Sagu ini juga dijual di beberapa warung makan di daerah Pontianak.
  1. Juhu Umbut Sawi
    Bagi Anda yang menyukai makanan sayur yang berkuah, Anda bisa mencoba makanan khas Kalimantan Juhu Umbut Sawi. Bahan dasar dari sayuran ini yaitu dari kelapa muda yang berkuah santan. Makanan tradisional Kalimantan ini biasanya juga disajikan di acara-acara adat dan menjadi menu yang wajib ada. Jadi, mungkin Anda hanya bisa menjumpai dan menyantap makanan ini ketika Anda sedang menghadiri acara tradisional di daerah Kalimantan.
  1. Sate Payau
    Salah satu makanan andalan di Kutai Kartanegara adalah Sate Payau. Berbeda dengan sate lainnya, Sate Payau terbuat dari daging rusa. Apakah Anda yang penasaran bagaimana rasanya sate yang dengan bahan dasar rusa? Untuk itu, jika Anda yang sedang berada di Kutai Kartanegara, Anda wajib mencoba Sate Payau yang enak ini. Anda juga bisa mendapatkan Sate Payau ini di warung makan maupun restoran yang berada di sekitar jalan di Kutai Kartanegara.
  1. Iwak Pakasan
    Makanan khas Kalimantan yang satu ini rasanya sangat enak dan kaya akan sumber protein. Sebab, makanan ini terbuat dari ikan segar yang difermentasi dengan tambahan garam dan ketan. Namun, sebelum menyantap Iwak Pakasan, pastikan Anda menggorengnya terlebih dahulu agar rasa dari ikan lebih enak dan gurih. Selain itu, pengolahan ikan yang unik dan dari bahan ikan pilihan menjadikan Iwak Pakasan menjadi makanan andalan Kalimantan.
  1. Amparan Tatak
    Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Banjarmasin, pastikan Anda mencoba kue tradisional khas Banjar yang satu ini. Kue Amparan Tatak ini terbuat dari campuran santan dan tepung beras yang biasanya disajikan ketika acara-acara adat di daerah Banjar. Selain itu, kue ini juga dijadikan kudapan yang disajikan untuk tamu yang berkunjung ke rumah. Meskipun makanan ini cukup sederhana, namun dijamin rasa kue ini tidak bakal mengecewakan Anda.
  1. Kerupuk Basah
    Memiliki bentuk yang hampir mirip dengan pempek Palembang, makanan ini juga berasal dari bahan dasar ikan. Akan tetapi bedanya Kerupuk Basah ini disajikan dengan bumbu kacang yang sangat enak. Selain menyajikannya dalam bentuk basah, Anda juga bisa menggoreng Kerupuk Basah ini sesuai selera Anda. Jadi, apakah Anda penasaran dengan rasa Kerupuk Basah? Jangan lupa mencicipi makanan ini ketika berada di Kalimantan ya!
  1. Ayam Cincane
    Makanan tradisional ini biasanya hanya disajikan ketika ada acara adat di Kalimantan Timur. Misalnya saja acara penyambutan tamu istimewa hingga acara pernikahan. Anda juga bisa menemukan makanan ini yang dijual di warung makan khas Kalimantan Timur. Selain itu, makanan ini juga memiliki rasa yang sangat enak seperti layaknya ayam balado. Keistimewaan Ayam Cincane yaitu bahan dasar yang dijadikan makanan ini berasal dari Ayam Kampung. Sehingga cita rasa ayam ini dijamin lebih enak ketimbang olahan ayam lainnya.
  2. Lawa
    Satu lagi makanan khas raja Kalimantan yang bisa Anda coba adalah Lawa. Lawa sendiri merupakan makanan khas Kalimantan Utara yang biasanya dijadikan menu makanan para raja Bulungan. Selain itu, makanan ini terbuat dari bahan rumput laut yang dibumbui dengan udang dan kelapa yang disangrai. Jadi, Anda ingin menikmati makanan unik dan istimewa ala raja Balungan? Jangan lupa menikmati makanan ini ketika Anda berada di Kalimantan Utara.
  3. Lek Tau Suan
    Lek Tau Suan, makanan yang terpengaruh budaya Tionghoa yang cukup populer di Pontianak karena rasanya yang enak. Hampir mirip dengan bubur, makanan berkuah yang berasal dari tepung tapioka ini diolah dengan pandan dan gula yang disajikan bersama Cakwe. Lek Tau Suan ini terkenal akan rasanya yang manis dan gurih yang cukup digemari oleh masyarakat Pontianak.
  1. Bangamat
    Makanan asal daerah Kalimantan Tengah ini cukup unik dan menarik. Sebab, makanan ini terbuat dari bahan dasar kelelawar. Bangamat ini diolah dari daging kelelawar yang kemudian ditambahkan bumbu rempah. Awal mulanya makanan ini merupakan menu andalan dari suku Dayak Maanyan, namun lambat laun karena cita rasanya yang enak dan berkhasiat, menu ini mulai dikonsumsi oleh hampir semua masyarakat Kalimantan Timur. Akan tetapi, harga Bangamat ini lumayan mahal, karena mendapatkan bahan dasar kelelawar ini cukup sulit. Jadi penasaran bagaimana cita rasa makanan khas Kalimantan dari daging kelelawar ini ya!
Baca Juga »  5 Pilihan Makanan Khas Magelang Paling Enak

Nah, itulah 20 rekomendasi Makanan khas Kalimantan yang wajib Anda coba. Mulai dari beberapa kudapan sebagai cemilan. Hingga makanan utama yang bisa mengenyangkan dan terkenal sangat enak.

Namun, beberapa makanan asli Kalimantan tersebut mungkin hanya bisa Anda coba ketika Anda berada di pulau Kalimantan. Jadi bagi Anda yang sedang berlibur di Kalimantan, pastikan Anda mencicipi makanan khas Kalimantan di atas ya!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *