Makanan Khas Tegal yang Lezatnya Bikin Ketagihan

5 Makanan Khas Tegal yang Paling Populer

RencanaKuliner.com – Tegal adalah daerah yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Daerah Tegal merupakan kota yang berada di lintas pantai utara. Selain tempatnya menyimpan beberapa destinasi wisata menarik, aneka makanan khas Tegal pun sayang untuk dilewatkan. Karena, kuliner khas Tegal, lezat-lezat loh.

Soto tauco khas tegal
foto: wartabahari

Akhir-akhir ini, bahkan cukup banyak bermunculan aneka kuliner baru di Tegal. Selain makanan kekinian, makanan khas yang sudah ada sejak lama pun masih tetap dipertahankan. Semua makanannya, memiliki cita rasa yang khas, dan wajib dicoba.

Tanpa berlama-lama, yuk, kenalan dengan 5 makanan khas daerah Tegal yang telah kami rangkum berikut:

  1. Kupat Blengong dan Kupat Glebed
    Dua jenis kupat ini, sebenarnya sama-sama saja. Cuma, tambahannya yang berbeda. Kupat glebed terbuat dari ketupat. Kemudian, ketupat tersebut disiram dengan kuah santan yang gurih, dan kental. Makanan ini dilengkapi dengan kerupuk yang renyah.
    Sedangkan kupat blengong, adalah kupat glebed yang ditambah sate blengong saja. Sate blengong terbuat dari daging blengong. Ukurannya lebih panjang dibandingkan sate biasa. Sate ini sangat gurih sekali. Sedangkan rasa daging blengong, hampir sama dengan rasa daging bebek.
  2. Soto Tauco
    Pernah menyantap soto yang dicampur tauco? Nah, makanan unik seperti ini, bisa Anda coba jika berkunjung ke Tegal. Soto ini memiliki cita rasa yang khas, dan unik. Seperti soto pada umumnya, soto tauco juga menggunakan ayam suir, irisan babat, brambang goreng, dan tauge.
    Yang khas dari soto ini, yaitu tambahan tauco di dalamnya. Tambahan inilah yang menjadikan soto tauco ini berbeda dari soto biasa. Kuliner ini memiliki perpaduan rasa asin, manis, asam, dan aroma tauco yang menggoda.
  3. Latopia
    Bingung mencari oleh-oleh khas Tegal? Latopia bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Jika di daerah Pulau Jawa lainnya Anda dapat menemukan bakpia, nah, di Tegal Anda bisa mendapatkan Latopia. Pada dasarnya, latopia ini tidak jauh berbeda dengan bakpia. Yang sedikit membedakannya hanya terletak pada kulitnya saja. Kulit latopia jauh lebih tebal dibandingkan dengan kulit bakpia.
    Makanan ini, tersedia dalam berbagai rasa. Mulai dari keju, durian, kacang hijau, coklat, dan berbagai varian rasa lainnya. Makanan ini akan menjadi makanan favorit Anda untuk dibawa pulang ke rumah.
  4. Olos
    Olos adalah salah satu makanan ringan khas Tegal. Bentuknya bulat, dan sering dijajakan oleh para penjual di gerobak. Jika Anda berlibur ke Tegal, tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan yang satu ini. Olos adalah gorengan yang terbuat dari tepung terigu. Olos juga memiliki isian yang unik, yaitu sayuran dan cabai. Kuliner khas Tegal ini, sangat populer dan cukup digemari. Rasanya identik dengan rasa pedas.
    Saat ini, olos sudah mengalami perkembangan. Isiannya pun beragam, mulai dari keju, ayam, hingga sosis. Sehingga, olos menjadi salah satu makanan jadul yang juga populer di era millenial.
  5. Kemronyos
    Makanan terakhir yang wajib Anda coba adalah Kemronyos. Kuliner khas Tegal ini, terbuat dari bahan daging kambing. Kemronyos sendiri merupakan sate kambing. Namun, sate ini berbeda dari jenis sate pada umumnya. Kemronyos adalah jenis sate yang dibakar, kemudian dihidangkan tanpa bumbu kacang dan kecap. Kemronyos juga merupakan salah satu kuliner yang hanya bisa ditemukan di sore dan malam hari.
Baca Juga »  Wisata Kuliner Samarinda Kekinian yang Menggugah Selera

Itulah 5 makanan khas Tegal yang populer dan wajib Anda coba. Ke-5 makanan di atas, tidak sulit untuk ditemukan di Tegal. Sedang berada di Tegal atau berencana akan berkunjung ke Tegal? Yuk, pilih kuliner di atas untuk menemani Anda berkeliling di daerah Tegal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *