Makanan Khas Purwakarta Terlezat! Enaknya Kebangetan

Ini Dia 5 Makanan Khas Purwakarta Terlezat yang Wajib Dicoba

RencanaKuliner.com – Purwakarta adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat. Layaknya daerah lain di Jawa Barat, Purwakarta pun memiliki segudang kuliner khas yang wajib dicoba. Makanan khas Purwakarta pun, terbukti lezat dan bikin nagih. Bahkan, kebanyakan kuliner khas Purwakarta, memiliki cita rasa tinggi.

Sate Maranggi Khas Purwakarta
Foto: harapanrakyat.com

Jika Anda berencana, atau sedang berada di Purwakarta, kami di sini akan merekomendasikan berbagai kuliner khas dari daerah tersebut. Tanpa berlama-lama, inilah kuliner lezat yang bikin nagih khas Purwakarta:

  1. Soto Sadang
    Soto adalah makanan khas yang hampir ada di setiap daerah di Indonesia. Nah, di Purwakarta, ada soto khas dan berbeda dari daerah lainnya. Soto sadang adalah kuliner khas Purawakarta. Soto ini, tersedia jenis kuah bening, dan kuah santan. Soto bening biasanya identik dengan kuah yang terbuat dari kaldu daging yang direbus. Kuahnya jernih, dan rasanya pun gurih dan lezat. Inilah yang menjadi ciri khas kuliner dari Purwakarta tersebut.

    Sedangkan untuk soto santannya, terdapat irisan lauk. Kuahnya berwarna kuning pucat. Rasanya pun gurih kuat. Namun, bumbu pada makanan ini jauh lebih ringan. Tapi, kedua jenis kuah soto ini, sama-sama mampu menggoyang lidah.

  1. Sate Maranggi
    Purwakarta juga terkenal dengan sate marangginya. Sate khas Jawa Barat ini, juga mudah ditemukan di Purwakarta. Sate maranggi adalah jenis sate dengan cita rasa manis. Rasanya juga sedikit pedas dan asam. Penjual sate maranggi di Purwakarta, biasanya menyajikannya dengan nasi, dan tambahan lauk lainnya.

    Tidak susah menemukan sate maranggi di Purwakarta. Bahkan, menu makanan ini hampir tersedia di berbagai tempat populer di Purwakarta.

  1. Peuyeum Bendul
    Nama peyeum bendul, diambil dari tempat di mana kuliner ini dijajakan, yaitu Jalan Raya Bendul. Peyeum ini dijajakan di sepanjang jalan tersebut. Cocok untuk Anda yang bingung mencari oleh-oleh ketika berkunjung ke Purwakarta. Tekstur peyeum ini jauh lebih padat. Rasanya pun lebih manis dibandingkan dengan jenis peyeum biasa. Bahkan, dibandingkan dengan peyeum bandung, kebanyakan orang memuji peyeum bendul jauh lebih enak dan lezat.

    Menurut penjual, perbedaan tekstur peyeum bendul dan peyeum lainnya, berbeda karena proses pembuatannya. Peyeum pada umumnya, biasanya diperam di dalam keranjang yang beralaskan daun pisang selama 2 malam. Sedangkan peyeum bendul, diperam hanya satu malam saja.

  1. Surabi
    Surabi adalah makanan khas Jawa Barat. Makanan ini ada di berbagai daerah di Jawa Barat. Di Purwakarta pun, kuliner khas yang satu ini tidak sulit ditemukan. Bahkan, surabi yang dijajakan, berbeda dari surabi pada umumnya. Di Purwakarta, ada banyak kedai surabi yang menawarkan varian rasa yang khas dan berbeda. Varian rasanya tidak hanya sekedar asin saja. Surabi bahkan ditawarkan dengan rasa manis. Topping surabi pun tergolong beragam. Tidak hanya oncom, juga tersedia ayam, telur, sosis, keju, cokelat, susu, dan masih banyak varian lainnya.
  1. Gepuk
    Gepuk adalah olahan makanan dari daging. Biasanya, gepuk terbuat dari jenis daging sapi. Gepuk cocok sebagai lauk pelengkap nasi. Di Purwakarta, makanan ini mudah ditemukan. Bahkan, selain di tempat makan, ada juga gepuk yang dijual di dalam kemasan. Bagi Anda yang sedang mencari oleh-oleh yang spesial, gepuk adalah salah satunya. Varian rasanya pun lengkap, mulai dari pedas, beef original, beef salty, hingga beef less sugar.

Bagaimana, tergoda membaca ulasan makanan khas Purwakarta di atas? Bagi yang tertarik, dan sedang di Purwakarta, yuk, pilih kira-kira kuliner khas mana yang sesuai selera Anda?

Baca Juga »  5 Makanan Khas Sumatera Barat Terbaik dan Terenak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *