5 Makanan Khas Wonogiri yang Paling wajib Dicoba

Makanan Khas Wonogiri yang Paling Populer

Jika berkunjung ke Wonogiri, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya. Karena, daerah yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini, menyimpan segudang kuliner khas yang lezat. Beberapa makanan khas Wonogiri sendiri, sudah cukup populer. Artinya, sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja.

pindang kambing khas wonogiri

Wonogiri adalah tempat yang namanya cukup populer. Karena, di tempat ini ada cukup banyak destinasi wisata. Ternyata, selain destinasi wisatanya, ada segudang kuliner khas yang wajib dijajal ketika datang mengunjunginya.

Nah, di sini, kami akan merekomendasikan 5 makanan khas dari Wonogiri yang wajib dicoba. Ingin tahu apa saja? Yuk, langsung intip bareng-bareng:

  1. Pindang Kambing
    Sebagian besar dari Anda, pasti baru mendengar jenis makanan ini. Karena, di daerah lain, pindang identik dengan bahan dasar daging ikan. Namun, lain dengan Wonogiri. Di sini, pindang dibuat dari daging kambing. Tapi, tidak hanya sekedar daging kambing, juga dibuat dari berbagai bahan lainnya. Selain daging kambing, bahan utama yang digunakannya yaitu tepung geplek, dan jeroan. Makanan ini, dijamin lezat dan gurih. Proses pembuatannya tergolong cukup mudah. Semua bahan dicampur menjadi satu, kemudian dibungkus menggunakan daun jati. Dengan begitu, kualitas rasanya tetap terjaga.
  1. Nasi Tiwul
    Nasi Tiwul adalah makanan yang khas sekali di Wonogiri. Bagi pecinta kuliner khas Pulau Jawa, mungkin sudah tidak asing dengan jenis kuliner ini. Karena, nasi tiwul sendiri sudah cukup populer di masyarakat. Nasi tiwul adalah makanan berbahan dasar singkong yang dikeringkan. Singkong yang digunakan, dikenal juga dengan sebutan geplek. Lalu, geplek tersebut ditumbuk halus kemudian ditambahkan sedikit gula.
  1. Wader Goreng
    Makanan khas dari Wonogiri selanjutnya, adalah makanan yang terbuat dari ikan berukuran kecil. Ikan yang digunakan, adalah ikan dari Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Cara pembuatan makanan ini tergolong mudah. Ikan digoreng kering, kemudian dijadikan makanan ringan. Makanan ini juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh.

    Wader goreng juga biasa dihidangkan dengan disajikan menggunakan tepung. Sensasi kriuk-kriuknya, dapat meningkatkan kualitas rasa dari makanan khas tersebut. Bagi yang bingung mencari oleh-oleh sepulang dari Wonogiri, makanan ini cocok dijadikan pilihan. Harga cemilan wader goreng khas Wonogiri pun tergolong murah. Harganya ditawarkan pada kisaran Rp7.500 hingga Rp10.000. Harga yang ditawarkan, sesuai dengan ukurannya.

  1. Ayam Panggang
    Penyajian ayam panggang khas Wonogiri, ada yang berbeda dari jenis ayam panggang biasa. Jika berkunjung ke Wonogiri, sempatkan untuk mencobanya. Penyajian ayam bakar, dilengkapi dengan berbagai jenis hidangan pelengkap. Hidangan pelengkapnya mulai dari sambal dadakan, urap, hingga jus. Ayam panggang ini, menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat di Wonogiri. Bagi Anda yang ingin mencoba kuliner ini, Anda bisa mencarinya di beberapa tempat di Wonogori.
  1. Besengek
    Besengek adalah salah satu kuliner unik khas Wongori.  Makanan ini terbuat dari bahan dasar tempe kara. Makanannya dihidangkan dengan cara dibungkus dengan menggunakan daun jati. Tujuan membungkusnya dengan daun jati, yaitu agar kualitas rasanya tetap terjaga. Makanan ini sangat cocok sekali disantap dengan aneka lalapan. Cocok juga menggunakan cabai rawit dan juga sebagai pendamping nasi tiwul khas Wonogiri. Kuliner khas ini, ada di beberapa tempat, salah satunya di Desa Pandan, Slogohimo.

Itulah 5 makanan khas Wonogiri yang paling wajib dicoba. Jika ke Wonogiri, sempatkan menjajal salah satunya. Atau, Anda coba satu per satu agar tidak penasaran. Ke-5 makanan di atas, mudah sekali didapatkan loh, karena ada banyak tempat wisata kuliner yang menyajikan lima makanan tersebut.

Baca Juga »  5 Pilihan Makanan Khas Magelang Paling Enak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *