Makanan Khas Jepara ini Populer dan Wajib diCoba

5 Makanan Khas Jepara Wajib Dicoba!

Jepara – Makanan khas Jepara ternyata sangat bervariasi dan rasanya juga enak. Pengalaman berwisata kuliner di Jepara bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Aneka jenis makanan lezat siap untuk disantap di Jepara. Kira-kira apa saja ya makanan enak yang bisa Anda coba selama jalan-jalan di Jepara?

Singit makanan khas jepara
Singit Khas Jepara (inibaru.id)

Berikut adalah pilihan 5 makanan asal Jepara yang enak dan wajib dicoba:

  1. Horok-Horok
    Mari kita mulai dengan makanan ringan terlebih dahulu. Jepara punya makanan ringan yang cukup unik bernama horok-horok. Makanan ini dibuat dari adonan tepung pohon aren, gula pasir, dan santan. Horok-horok ini disebut sebagai makanan ringan yang legendaris dan sekarang sudah mulai langka.

    Horok-horok bisa dinikmati sendiri sebagai camilan minum teh sore. Selain itu, horok-horok juga bisa dinikmati sebagai makanan pendamping. Horok-horok bisa dimakan bersama dengan petis, gulai, maupun bakso.

  2. Opor Panggang
    Opor panggang bisa jadi pilihan kuliner yang wajib dicoba jika Anda adalah pecinta ayam. Olahan ayam menjadi opor panggang ini cukup menarik perhatian. Proses memasak yang berbeda dari opor biasa, membuat opor panggang memiliki cita rasa yang khas. Sesuai dengan namanya, daging ayam harus dipanggang dulu sebelum dimasak menjadi opor.

    Setelah dipanggang, daging ayam dimasak bersama dengan bumbu opor. Biasanya opor panggang ini menggunakan daging ayam kampung. Selain itu, opor panggang juga biasanya dinikmati bersama ketupat.

  3. Kuluban
    Secara konsep, kuluban ini sama dengan urap yang biasa kita konsumsi. Kuluban biasa disebut juga kluban oleh masyarakat Jepara. Kuluban terbuat dari aneka jenis sayur seperti daun singkong, labu siam, sawi, dan kangkung. Sayur-sayur yang sudah direbus ini kemudian dicampur menjadi satu dan diberi bumbu.

    Bumbu yang digunakan untuk makan kuluban terbuat dari parutan kelapa. Kuluban bisa menjadi camilan sebelum makan berat atau bisa juga dikonsumsi bersama dengan nasi dan lauk. Bagi Anda yang suka makan sayur, kuluban bisa jadi pilihan kuliner yang wajib untuk dicoba.

  4. Singit
    Singit adalah jenis makanan yang hampir sama seperti rendang. Tak hanya penampilannya, rasanya pun hampir sama dengan rendang. Perbedaannya adalah bumbu singit lebih encer dan bagian yang digunakan adalah jeroan sapi. Singit memiliki cita rasa yang kuat dan sangat khas Jepara.

    Singit terbuat dari daging sengkel. Sebelum disajikan, singit harus melalui proses pengolahan yang lumayan rumit. Daging sengkel perlu dimasak dengan bawang merah, kecap manis, gula merah, santan, bawang putih, dan garam. Semua dimasak menjadi satu dan tunggu sampai bumbu meresap ke dalam setiap bagian daging.

  5. Bongko Mento
    Jika Anda ingin merasakan jajanan pasar khas Jepara, bongko mento bisa jadi pilihan yang pas. Bongko mento merupakan makanan yang terbuat dari adonan jamur, santan, sohun, dan mi. Makanan ini juga memiliki isi yaitu daging ayam. Rasanya yang gurih membuat makanan ini disukai oleh banyak orang.

    Rasa bongko mento semakin nikmat karena makanan ini dibungkus menggunakan daun pisang. Aroma daun pisang yang harum menambah cita rasa tersendiri untuk Bongko Mento. Tidak hanya bisa menjadi camilan, bongko mento juga bisa dikonsumsi sebagai lauk.

Itulah tadi 5 pilihan menu makanan khas Jepara yang perlu Anda tahu. Selain yang disebutkan di sini, tentu saja masih ada banyak pilihan makanan yang bisa Anda dapatkan di Jepara. Yuk, jelajahi Jepara dan coba beragam jenis makanan Jepara yang menggugah selera!

Baca Juga »  Ini Lho 5 Tempat Kuliner di Kota Batu yang Patut Disinggahi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *