5 Makanan Khas Pati yang Siap Memanjakan Lidah

Menikmati Makanan Khas Pati

RencanaKuliner.com – Ragam pilihan makanan khas Pati sangat menarik untuk dicoba. Banyak orang mengatakan bahwa Pati memiliki pilihan kuliner yang enak. Sebelum memutuskan untuk jalan-jalan ke Pati, cari tahu dulu apa saja makanan yang harus Anda coba selama berada di sana.

nasi gandul khas pati
travelingyuk.com

Berikut adalah 5 pilihan makanan dari Pati yang akan siap memanjakan lidah Anda:

  1. Soto Kemiri
    Mari kita mulai dengan makanan yang hangat dan menyegarkan yaitu soto. Pati memiliki soto kemiri yang khas. Soto kemiri ini menggunakan kuah santan dan cocok dinikmati untuk menghangatkan badan.

    Soto kemiri memiliki keunikan tersendiri dibandingkan soto-soto dari kota lainnya. Sebelum dihidangkan, nasi putih dicampur dulu dengan kuah soto. Setelah nasi dan kuah soto bercampur rata, maka lauk pendamping disusun di atasnya. Selain itu, ayam yang digunakan pada soto kemiri adalah ayam berukuran kecil.

  2. Nasi Gandul
    Pati sangat populer dengan kuliner nasi gandulnya. Nasi gandul bahkan tidak hanya populer di Pati tetapi juga di luar Pati. Nasi gandul memiliki komposisi yang lengkap dan porsinya pun cukup besar. Tak heran jika banyak wisatawan yang memilih untuk menikmati nasi gandul selama berwisata di Pati.

    Nasi gandul terdiri dari nasi putih dengan kuah santan. Kemudian ada beberapa pelengkap seperti iso, babat, daging, dan lain sebagainya. Selain itu, mereka yang makan nasi gandul biasanya akan memilih tempe garit sebagai lauk pendamping. Nasi gandul terasa semakin nikmat karena menggunakan alas daun pisang.

  3. Petis Kambing Runting
    Petis kambing runting merupakan makanan asal Pati yang terbuat dari sumsum tulang kambing. Masyarakat juga biasa menyebut sumsum tulang kambing sebagai balungan. Selain sumsum tulang, petis kambing runting juga menggunakan bagian iga dan jeroan.

    Nama petis kambing runting didapatkan karena makanan yang satu ini berasal dari desa Runting, Pati. Petis kambing runting diolah dengan cara daging kambing dimasak memakai tepung beras yang sebelumnya sudah disangrai. Petis kambing runting ini biasanya disajikan sebagai pelengkap menu sate kambing.

  4. Sayur Merica
    Masyarakat Pati juga biasa menyebut sayur ini sebagai jangan mrico. Sayur ini merupakan olahan ikan laut yang rasanya pedas seperti merica. Selain rasa pedas, sayur ini juga memiliki rasa segar yang didapat dari tomat dan asam jawa. Ikan yang digunakan bervariasi, bisa ikan kerapu, ikan kakap, atau ikan manyung.

    Sayur merica juga menggunakan satu bahan yang khas yaitu daun singkil. Daun singkil ini hanya bisa ditemukan di pesisir Pati. Daun singkil memiliki fungsi penting yaitu menghilangkan bau amis dari ikan pada sayur merica ini. Sayur merica juga biasanya menggunakan labu putih atau ketimun sebagai pelengkap.

  5. Kue Moho
    Kue moho adalah salah satu jajan tradisional khas Pati. Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu, tepung beras, dan gula pasir. Jika dilihat dari bentuk fisiknya, kue moho memiliki penampilan yang sama seperti kue bolu kukus. Namun dari segi rasa dan tekstur kue moho jelas berbeda dari bolu kukus.

    Kue moho memiliki rasa yang manis. Tekstur kue moho lebih lengket daripada bolu kukus. Selain itu, kue moho juga jauh lebih lembek jika dibandingkan dengan bolu kukus. Kue ini menjadi camilan yang pas untuk menemani minum teh di pagi atau sore hari.

Itulah 5 pilihan makanan khas Pati yang siap memanjakan lidah Anda. Semuanya menjanjikan rasa yang enak dan tentu sangat mudah ditemukan di kota Pati. Pastikan Anda mencicipi ragam kuliner ini ketika berkunjung ke Pati.

Baca Juga »  5 Pilihan Makanan Khas Magelang Paling Enak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *