20 Rekomendasi Makanan Khas Jawa Tengah

Inilah Makanan Khas Jawa Tengah yang Wajib Anda Coba!

RencanaKuliner.com – Tidak hanya populer akan banyaknya tempat wisata yang mempesona, ternyata Indonesia juga terkenal karena memiliki makanan yang bercita rasa tinggi dan khas di setiap daerahnya. Salah satunya yaitu makanan khas Jawa Tengah yang terkenal akan rasanya unik dan enak.

Jadi, bagi Anda yang sedang berkunjung ke Jawa Tengah, tidak ada salahnya untuk mencicipi beberapa makanan hingga cemilan asli khas Jawa Tengah, berikut ini:

Cemilan Khas Semarang
fimela.com
  1. Lumpia Semarang

Salah satu primadona kuliner khas Jawa Tengah adalah Lumpia Semarang. Makanan yang dibuat dari bahan dasar tepung terigu yang dijadikan kulit lumpia ini juga menyediakan berbagai varian isi mulai dari ayam, udang, telur, hingga sayuran yang bisa Anda pilih sesuai selera Anda.

Selain itu, ada dua alternatif lumpia yang bisa Anda beli yaitu lumpia basah atau lumpia kering. Agar menyantap lumpia semakin enak, sebaiknya tambahkan cabai dan saus lumpia ya!

  1. Mendoan

Salah satu gorengan yang paling enak yaitu mendoan. Gorengan asli Jawa Tengah ini bisa Anda temukan di daerah Banyumas dan Purwokerto. Akan tetapi, di daerah asalnya mendoan ini lebih dikenal dengan sebutan tempe kemul.

Ketika berada di daerah Banyumas dan Purwokerto, Anda bisa menemukan banyak penjual mendoan, bahkan ada pabrik khusus yang memproduksi tempe mendoan. Wah menarik bukan?

  1. Tahu Petis

Makanan khas Jawa Tengah ini terbuat dari kombinasi yang pas antara tahu dan petis yang bisa menggugah selera makan Anda. Ciri khas dari cemilan ini yaitu mengenakan bahan dasar tahu pong. Maka tidak mengherankan jika makanan ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Jawa Tengah karena rasanya yang enak.

Jadi bagi Anda yang sedang berkunjung ke Jawa Tengah, jangan lupa untuk menyantap camilan yang satu ini ya!

  1. Enting-Enting Gepuk

Salah satu makanan khas Jawa Tengah yang cukup melegenda adalah Enting-enting Gepuk. Cemilan yang satu ini terbuat dari gula jawa dan kacang tanah. Perpaduan rasa gula jawa yang legit dan kacang tanah yang gurih yang sempurna menjadikan makanan ini semakin enak.

Meskipun asal cemilan ini berasal dari Salatiga, Anda tetap bisa menemukan makanan ini di beberapa toko oleh-oleh khas Jawa Tengah lho!

  1. Rondo Royal

Dari arti kata namanya mungkin makanan ini terdengar agak sedikit nyentrik di telinga Anda. Sebab rondo royal sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya janda yang suka memberi. Cemilan ini berasal dari Jepara yang terkenal karena rasanya yang enak.

Selain itu, makanan ini juga terbuat dari adonan tepung yang dicampur tape singkong yang kemudian digoreng. Makanan khas Jawa Tengah ini sangat cocok disajikan bersama teh hangat di sore hari!

  1. Getuk
Baca Juga »  Ini Dia Top 20 Makanan Khas Jawa Timur yang Siap Menggoyang Lidah!

Getuk merupakan makanan yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Jawa. Namun, tahukah Anda bahwa makanan ini berasal dari Jawa Tengah lho!

Makanan yang terbuat dari bahan baku singkong ini awalnya hanya memiliki varian warna putih saja, namun dengan perkembangan zaman Anda bisa menemukan berbagai varian warna dan rasa getuk yang bisa Anda pilih. Selain itu, agar semakin nikmat biasanya cemilan ini juga disajikan dengan parutan kelapa.

  1. Wajik

Makanan tradisional yang berasal dari Jawa Tengah yang juga patut Anda coba adalah Wajik. Meskipun wajik ini merupakan makanan tradisional yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, nyatanya makanan ini tetap menjadi primadona bagi pecinta makanan tradisional hingga  saat ini.

Biasanya makanan asli Jawa Tengah ini juga disajikan di acara hajatan tradisional masyarakat Jawa. Wajik sendiri dibuat dari olahan gula jawa dan ketan yang menghasilkan rasa yang pas dan enak.

  1. Jenang Kudus

Hampir mirip dengan dodol Garut, jenang yang berasal dari kudus dibungkus plastik dengan bentuk kecil-kecil dan sedikit memanjang. Ciri khas dari jenang kudus ini mempunyai rasa yang legit dan berwarna hitam.

Jika Anda tertarik untuk mencoba jenang kudus, Anda bisa mendapatkan di toko oleh-oleh makanan khas Jawa Tengah yang biasanya dijual dalam bentuk kemasan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan jenang kudus di beberapa daerah di Indonesia.

  1. Sate Klatak

Makanan khas Jawa Tengah yang sayang untuk dilewatkan adalah sate klatak. Ciri khas dari sate yang terbuat dari kambing yang usianya muda ini yaitu proses memasaknya yang hanya dibakar dan diberi garam tanpa bumbu tambahan lainnya.

Terlihat sangat sederhana bukan? Namun, rasanya sangat lembut dan gurih. Biasanya penyajian setiap porsi sate ini hanya dua tusuk saja. Harga pertusuk sekitar 6 ribu rupiah. Wajar saja karena potongan daging kambing lebih besar 3 kali dari sate biasanya. Saat menyantap makanan ini akan lebih nikmat lagi jika ditambah dengan menu lainnya seperti tengklek kambing.  Sate Klatak sangat banyak terdapat di kota Bantul, Jogja.

  1. Telur Asin

Olahan Telur Asin ini terbuat dari telur bebek yang sebelumnya telah melalui proses perendaman garam. Telur yang sudah terkenal hampir di seluruh Indonesia ini ternyata berasal dari daerah Brebes.

Telur Asin ini bisa Anda nikmati secara langsung atau juga bisa Anda jadikan sebagai lauk yang bisa dimakan dengan menu lain seperti nasi, kuah sayur, dan lauk-pauk lainnya.

  1. Mangut Beong
Baca Juga »  Ulasan Ringkas Makanan Khas India Terpopuler

Salah satu ikan yang hanya bisa Anda dicicipi di daerah sekitar Candi Borobudur adalah Mangut Beong. Ikan ini merupakan jenis ikan yang hidup di sekitar Sungai Progo tepatnya di Magelang.

Ikan yang mempunyai bentuk yang hampir sama dengan ikan lele ini juga memiliki cita rasa yang enak karena tekstur dagingnya yang lembut dan tidak gampang hancur. Selain itu, ikan ini biasanya dijadikan lauk-pauk andalan daerah Magelang.

Jadi bagi Anda yang sedang berlibur ke Candi Borobudur, jangan lupa memesan ikan Mangut Beong ini ya!

makanan khas pati

  1. Nasi Gandul

Salah satu nasi yang berasal dari Jawa Tengah yaitu nasi gandul. Nasi khas daerah Pati ini terdiri dari nasi, telur, daging sapi, dan tambahan kuah yang pedas. Menu yang lengkap dari Nasi Gundul ini sangat enak untuk Anda santap di ketika makan malam maupun makan siang.

Menunya yang lengkap ini dijamin tidak hanya membuat perut Anda kenyang, tetapi juga membuat Anda ketagihan akan cita rasa Nasi Gandul yang enak.

  1. Nasi Liwet

Salah satu nasi yang menjadi ikon provinsi Jawa Tengah adalah nasi liwet. Ciri khas dari nasi ini yaitu diliwet dengan tambahan bumbu santan dan daun pandan, sehingga rasa nasi liwet ini cukup gurih.

Agar semakin nikmat Anda bisa hidangkan nasi khas daerah Solo ini dengan daun pisang dan lauk lainnya.

  1. Soto Kudus

Bagi Anda pecinta makanan berkuah seperti soto, tidak ada salahnya jika Anda mencoba soto Kudus. Soto yang cukup terkenal ini hampir mirip dengan soto lainnya yang ada di Indonesia. Hanya saja, soto ini biasanya disajikan dalam mangkuk yang berukuran lumayan kecil dengan daging yang berasal dari kerbau.

  1. Brekecek

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Cilacap, pastikan Anda mencicipi Brekecek.  Makanan ini dibuat dari kelapa ikan dengan bumbu yang cukup meresap. Makanan yang menjadi ikon kuliner Cilacap ini juga cukup digemari oleh para wisatawan karena rasa dan namanya yang cukup unik.

Anda bisa menikmati makanan ini, Anda bisa membelinya di beberapa warung makan dan restoran yang berada di daerah Cilacap dan sekitarnya di Jawa Tengah.

  1. Nasi Grombyang

Nasi Grombyong adalah nasi yang berasal dari Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Nasi ini biasanya disajikan dengan daging kerbau di mangkuk kecil. Penyebutan istilah grombyang ini bermula karena kuah nasi ini disajikan dalam bentuk yang lumayan banyak, sehingga kuahnya nampak bergoyang-goyang atau dalam bahasa Jawa grombyang-grombyang.

Bagi Anda yang penasaran dari Nasi Grombyang ini, Anda bisa membeli makanan ini di beberapa penjual warung kecil di sekitar jalan di daerah Pemalang.

  1. Mie Ongklok
Baca Juga »  5 Pilihan Makanan Khas Magelang Paling Enak

Salah satu rekomendasi makanan khas Jawa tengah yang layak Anda cicipi adalah Mie Ongklok. Mie Ongklok sendiri terbuat dari campuran mie, kucai, dan kol yang direbus. Ciri khas dari mie ini yaitu kuahnya di buat dari tepung kanji.

Agar semakin enak, Anda bisa menikmati Mie Ongklok dengan keripik tahu, tempe kemul, hingga sate. Jadi, apakah Anda penasaran bagaimana rasanya? Jangan lupa untuk mencicipinya ketika Anda berkunjung ke Wonosobo ya!

  1. Garang Asem

Garang Asem menjadi salah satu makanan khas Jawa Tengah yang cukup terkenal karena rasanya yang enak. Makanan ini juga bisa Anda dapatkan di beberapa daerah di Jawa Tengah seperti Pekalongan, Pati, Kudus, dan lainnya.

Makanan ini diolah dengan bahan utama daging ayam dan campuran bahan lainnya seperti asam, santan, dan cabai.

Selain itu, olahan ini juga dibungkus dengan daun pisang sehingga menambah kesan yang unik namun tetap enak.

  1. Nasi Tiwul

Salah satu makanan tradisional asli Indonesia terutama di Jawa Tengah yang cukup melegenda hingga saat ini adalah tiwul. Tiwul dulunya sempet menjadi makanan pokok sebagai pengganti nasi. Makanan ini dibuat dari bahan baku singkong yang kemudian disajikan dengan parutan kelapa.

Bagi Anda yang penasaran dengan cita rasa nasi tiwul yang sangat otentik, jangan lupa mencicipinya jika Anda berkunjung ke Wonogiri ya!

  1. Mata Maling

Ketika mendengar nama makanan ini mungkin terasa agak nyeleneh. Mata Maling sendiri merupakan cemilan yang terbuat dari olahan kulit melinjo yang ditambahkan rempah, gula, dan cabai yang digoreng.

Meski termasuk cemilan yang sangat sederhana, namun makanan ini cukup unik dan digemari karena rasanya yang manis, gurih, dan pedas jadi satu. Selain itu, makanan ini juga sering dijadikan camilan bagi masyarakat Jawa Tengah. Bagi Anda yang ingin nyemil namun tetap sehat, coba saja Mata Maling!

Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan khas Jawa Tengah yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Jawa Tengah. Mulai dari aneka cemilan hingga berbagai olahan nasi, dan makanan berkuah yang terkenal mempunyai cita rasa khas dan juga enak.

Jadi, bagi Anda yang sedang berada di Jawa Tengah, pastikan Anda tidak melewatkan makanan khas Jawa Tengah yang terkenal akan cita rasanya yang enak dan mungkin hanya bisa Anda temukan di Jawa Tengah. Selamat berwisata kuliner!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *