Liburan ke Bangka Belitung? Jangan Lupa Mencicipi Makanan Khas Bangka Belitung Berikut Ini

Daftar Makanan Khas Bangka Belitung Terfavorit dan Ulasan Singkatnya

RencanaKuliner.com – Bangka Belitung merupakan tujuan wisata yang menawarkan keindahan alam rupawan. Selain dikenal akan pantainya yang indah dan menawan, Bangka Belitung juga kaya akan ragam kuliner lezat. Bahkan sejumlah makanan khas Bangka Belitung sangat disukai oleh wisatawan, baik daerah maupun luar daerah.

makanan khas bangka belitung

Lantas, apa saja kuliner Bangka Belitung yang menggoda selera? Berikut daftar singkatnya:

  • Kue Rintak
  • Lempah Kuning
  • Otak-otak Bangka
  • Cacak Ikan
  • Berego
  • Mie Koba
  • Mie Ayam Bangka
  • Pantiaw
  • Lempah Darat
  • Sup Gangan
  • Lakse

Dari daftar makanan asal Bangka Belitung tersebut, terdapat lima kuliner terfavorit. Apa saja? Berikut ulasan singkatnya!

  1. Lempah Kuning
    Lempah kuning sangat populer di kalangan wisatawan. Bahkan, kuliner khas ini tercatat sebagai Cagar Budaya Nasional Tak Benda. Lempah kuning dibuat dari bahan dasar ikan segar, baik tenggiri maupun kakap merah.

    Bagian ikan yang digunakan adalah kepala. Namun, ada juga yang menggantinya dengan ekor atau badan ikan. Kuahnya kaya akan bumbu rempah sehingga aromanya cukup tajam. Makanan ini memiliki rasa unik, kombinasi asam, sedikit pedas, dan gurih. Sangat menyegarkan, nikmat, dan bergizi tinggi.

  2. Lempah Darat
    Tak kalah populer dengan lempah kuning, lempah darat juga sangat disukai oleh masyarakat Bangka Belitung. Jika mayoritas makanan asli Bangka Belitung menggunakan hasil laut, maka lempah darat justru memanfaatkan hasil perkebunan.

    Makanan ini terbuat dari campuran pepaya muda, pucuk idat, akar keladi, dan sejumlah sayur-mayur muda lainnya. Biasanya, makanan ini disajikan dengan nasi hangat, sambal terasi, ikan asin, dan minuman dingin. Sekali coba lempah darat, Anda akan ketagihan dibuatnya!

  3. Pantiaw
    Pantiaw memang sedikit mirip dengan kwetiau. Namun, cara penyajian keduanya berbeda. Bahkan, bahan pembuatan pantiaw pun terdiri dari dua jenis, yakni tepung beras dan tepung gandum.

    Dari tampilan, pantiaw berwarna putih dengan bentuk pipih. Teksturnya kenyal. Makanan ini disajikan bersama bumbu yang terbuat dari ikan giling dan rempah-rempah. Pantiaw dapat dinikmati dalam kering maupun basah, yakni disiram kuah bakwan rebus. Rasanya? Sangat nikmat!

  4. Mie Koba
    Mie koba merupakan makanan Bangka Belitung yang disajikan dengan ikan tenggiri segar. Biasanya, mie ini dihidangkan dengan tambahan potongan seledri, telur, dan bawang goreng. Kuahnya terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur bumbu rempah dan perasan jeruk. Aromanya sangat menggoda. Makanan ini bernilai gizi tinggi, lezat, segar, dan mengenyangkan.
  5. Otak-otak Bangka
    Satu lagi makanan yang tak kalah lezat untuk dinikmati, yakni otak-otak Bangka. Makanan ini kerap dijadikan teman bersantai saat mengobrol atau berkumpul dengan keluarga serta teman-teman.

    Otak-otak Bangka terbuat dari ikan tenggiri yang diberi bumbu kemudian dibungkus daun pisang. Setelah siap, otak-otak bakar akan dibakar atau dikukus hingga matang. Sekilas, otak-otak Bangka tak berbeda dengan otak-otak pada umumnya. Yang membedakan adalah ukurannya yang lebih kecil.

    Selain itu, otak-otak Bangka disajikan dengan tiga jenis saus, yakni saus terasi dengan tambahan jeruk nipis yang menawarkan cita rasa pedas asam kemudian saus sambal asam yang menyegarkan, dan saus biasa yang juga tak kalah nikmat. Sekali cocok, pasti ingin terus menikmati otak-otak Bangka.

Demikianlah informasi mengenai sejumlah makanan khas Bangka Belitung terfavorit beserta ulasan singkatnya. Bagaimana? Apakah Anda ingin mencobanya? Yuk, jalan-jalan ke Bangka Belitung! dan silahkan di Share artikel ini ya!

 

Baca Juga »  Nikmati 5 Makanan Khas Kalimantan Barat Ketika Berkunjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *