Aneka Jenis Makanan Khas Padang yang Wajib Dicoba

Ini Makanan Khas Padang Paling Favorit dan Ulasan Singkatnya

RencanaKuliner.com – Siapa tak kenal rendang? Makanan khas Padang ini menawarkan cita rasa lezat yang sulit diabaikan. Bahkan, kelezatannya dikenal hingga dunia. Namun, kuliner Padang tidak hanya rendang saja. Masih banyak makanan lain yang tak kalah lezat.

makanan khas padang

Beberapa di antaranya adalah:

  • Sate Lokan
  • Katupek Pical
  • Sate Padang
  • Nasi Padang
  • Dendeng
  • Lemang Tapai
  • Soto Padang
  • Lampong Sagu
  • Sate Lokan
  • Gulai Anyang
  • Asem Pandeh Daging
  • Kacimuih

Dari sederet makanan tersebut, kami lansir lima jenis kuliner Padang paling favorit. Apa saja?

  1. Soto Padang
    Soto Padang tak berbeda jauh dengan soto khas daerah lainnya. Makanan ini terbuat dari ayam atau daging sapi. Bedanya, Soto Padang dihidangkan dengan perkedel kentang yang dipotong menjadi beberapa bagian. Kuahnya cenderung bening dan gurih. Soto Padang disajikan dengan tambahan bihun, perkedel kentang potong, dan dendeng daging sapi. Meskipun menggunakan dendeng kering, cita rasanya sangat menggoda. Dagingnya juga lembut dan bergizi tinggi.
  2. Gulai Gajeboh
    Kuliner khas Padang selanjutnya adalah gulai gajeboh. Meskipun namanya kurang familier, faktanya gulai ini sangat populer. Rasanya istimewa. Bahkan, hampir sebagian besar orang yang pertama kali mencobanya langsung jatuh hati. Gulai gajeboh terbuat dari bahan dasar dari daging sapi. Bumbunya diracik menggunakan rempah yang menguarkan aroma menggoda dan meresap sempurna ke dalam daging sapi. Lantaran menggunakan daging sapi bagian punuk, gulai gajeboh tidak direkomendasikan bagi pemilik kolesterol tinggi.
  3. Sate Lokan
    Sesuai namanya, sate ini terbuat dari daging lokan, yakni hewan laut yang menyerupai kerang. Di Padang, lokan sangat mudah ditemukan. Proses memasak sate lokan tergolong sederhana, tak berbeda jauh dengan sate pada umumnya.Lokan yang telah dibersihkan diberi bumbu gulai kental dan taburan bawang goreng. Sate lokan biasanya disajikan dengan sepiring nasi hangat ataupun potongan lontong. Soal rasa? Nikmat dan bergizi!
  4. Asam Pandeh Daging
    Sebagaimana Anda ketahui, hampir sebagian besar makanan Padang terbuat dari daging sapi. Begitu juga dengan asam pandeh daging. Masakan istimewa ini menggunakan daging sapi sebagai bahan dasar. Kuahnya tidak terbuat dari santan, melainkan dari campuran bumbu rempah dan asam kandis. Meskipun bening, cita rasanya sangat kuah karena tercampur sempurna dengan potongan daging. Makanan ini biasanya disajikan untuk santap siang ataupun malam. Selain rasanya lezat, asam pandeh daging sangat menyegarkan.
  5. Gulai Anyang
    Kuliner asal Padang yang tak kalah populer lainnya adalah gulai anyang. Gulai anyang terbuat dari campuran bumbu rempah dan santan kental. Daging yang digunakan adalah jeroan sapi, seperti hati, ampela, babat, dan limpa. Proses memasaknya cukup lama karena jeroan sapi harus direbus hingga lunak. Gulai anyang termasuk makanan yang jarang ditemukan di warung makan atau restoran karena hanya disajikan dalam acara tertentu, seperti perayaan lebaran haji atau Idul Adha.

    Seiring waktu, makanan tradisional Padang ini telah dimodifikasi dengan penambahan kentang atau tempe serta penggantian jeroan dengan daging sapi. Meskipun demikian, hal tersebut tidak mengurangi kadar kelezatan gulai anyang. Justru semakin membuat cita rasanya khas, kuat, dan menggoda selera.

Itulah sejumlah makanan khas Padang paling favorit lengkap dengan ulasan singkatnya. Ternyata makanan Padang tidak hanya rendang saja, bukan? Tertarik untuk mencicipinya? Yuk, rencanakan liburan ke Padang dan dicoba kuliner Padang di atas! Dijamin seru, nikmat dan menyenangkan.

Baca Juga »  Wisata Kuliner di Lampung Rekomendasi Tempat Range Harga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *