Rekomendasi Makanan Khas Jambi Paling Lezat

Daftar Makanan Khas Jambi Terfavorit dan Ulasan Singkatnya

Jambi merupakan salah satu destinasi wisata di Pulau Sumatra yang cukup populer di kalangan wisatawan. Maklum saja, Jambi tidak hanya menawarkan keindahan alamnya, tetapi juga makanan khas Jambi yang dikenal akan kelezatannya.

Makanan Khas Jambi

Tak heran jika banyak wisatawan yang sengaja datang ke Jambi untuk mencicipi ragam kuliner nan lezat menggoda. Adapun daftar makanan yang bisa Anda cicipi, di antaranya:

  • Dodol Nanas
  • Tempoyak
  • Nasi Gemuk
  • Dodol Kentang Kerinci
  • Sup Tulang
  • Bolu Kojo
  • Mie Celor
  • Gulai Terjun
  • Kerutup Ikan
  • Kue Srikaya
  • Gulai Tepek Ikan

Dari banyaknya makanan khas tersebut terdapat lima kuliner favorit yang sayang jika dilewatkan. Apa saja? Penasaran? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini!

  1. Tempoyak
    Tempoyak merupakan makanan asal Jambi yang paling populer, terutama di kalangan pencinta buah durian. Ya, tempoyak terbuat dari durian yang diolah menjadi makanan lezat bergizi tinggi. Menariknya, tempoyak disajikan dengan sepiring nasi putih.

    Proses pembuatannya cukup panjang. Setelah difermentasi, buah durian akan dicampur dengan hasil pancingan ikan segar Sungai Batanghari. Meskipun demikian, tempoyak juga bisa disajikan tanpa ikan.

    Bagaimana rasa tempoyak? Rasanya sedikit asam dengan aroma durian yang cukup tajam. Inilah alasan mengapa sejumlah orang menikmatinya sembari menutup hidung. Meskipun begitu, tempoyak sangat menyegarkan.

  2. Gulai Tepek Ikan
    Berbeda dengan tempoyak yang mudah ditemukan, gulai tepek ikan hanya bisa dinikmati saat tertentu saja, seperti acara kenduri, acara adat, atau pernikahan. Kuliner lezat ini terbuat dari ikan gabus atau tenggiri kaya gizi dan protein.

    Jika dilihat secara sekilas, tampilan gulai tepek ikan tak ada bedanya dengan gulai pada umumnya. Namun, cita rasanya sangat khas. Kuahnya gurih dan sedikit asam, berasal dari buah nanas. Sangat pas dimakan bersama dengan nasi gemuk. Sekali coba pasti ketagihan.

  3. Kue Srikaya
    Kue srikaya merupakan kue tradisional legendaris Jambi. Kue ini memiliki aroma dan warna khas, yakni hijau lumut. Kue ini terbuat dari tepung, telur, dan gula yang dicampur santan kental, Warna kue srikaya sendiri berasal dari daun pandan.

    Lantaran rasanya yang legit, kue srikaya biasanya dimakan bersama dengan roti tawar atau ketan. Hanya segelintir orang yang memakannya tanpa tambahan apa pun. Kue ini juga cocok dijadikan teman bersantai ataupun buah tangan.

  4. Sup Tulang
    Sebenarnya, sup tulang sangat mirip dengan sup iga. Namun, kuliner ini menawarkan cita rasa yang unik. Aromanya sangat harum dan menggoda. Daging yang menempel di tulang sangat empuk karena direbus selama lima jam.

    Sementara kuahnya gurih, bumbu rempahnya benar-benar terasa. Biasanya sup tulang dihidangkan bersama sepiring nasi hangat. Sangat cocok menemani santap siang atau malam.

  5. Nasi Gemuk
    Satu lagi kuliner Jambi yang tak kalah lezat, yakni nasi gemuk. Sebenarnya, makanan ini mirip dengan nasi uduk. Proses pembuatannya pun serupa, yakni dicampur bumbu rempah dan santan kelapa segar kemudian dikukus hingga matang. Makanan yang biasa dijadikan menu sarapan ini sangat mudah ditemukan dan mengenyangkan. Satu porsi nasi gemuk biasanya disajikan dengan tambahan telur dadar atau rebus, sambal, kerupuk, dan irisan mentimun.

    Sejumlah pedagang juga menambahkan ikan teri, kari sapi atau kari ayam, dan kacang tanah untuk menambah rasa nikmat. Biasanya, nasi gemuk disandingkan dengan jus pinang muda. Maklum saja, minuman ini sangat baik untuk melancarkan peredaran darah dan meningkatkan stamina tubuh.

Nah, itulah sejumlah makanan khas Jambi beserta ulasan singkatnya yang perlu untuk Anda ketahui. Tertarik mencobanya? Ayo, liburan ke Jambi! Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Baca Juga »  20 Rekomendasi Makanan Khas Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *