5 Jenis Makanan Khas Kota Palembang Paling Juara

Makanan Khas Kota Palembang Terbaik

RencanaKuliner.com – Palembang menjadi salah satu kota di Indonesia yang banyak dijadikan sebagai destinasi wisata. Salah satu alasannya adalah kota ini memiliki ragam kuliner yang lezat. Anda bisa menemukan banyak pilihan makanan khas kota Palembang yang tidak hanya enak tapi juga mengenyangkan.

Makanan Khas Kota Palembang

Berikut adalah 5 pilihan kuliner asal kota Palembang paling juara yang harus Anda coba:

  1. Pempek
    Pempek jelas menjadi makanan asal Palembang yang wajib untuk dicoba. Siapa tidak kenal dengan makanan yang gurih dan menyegarkan ini? Pempek disukai oleh begitu banyak orang dari berbagai wilayah di Indonesia. Makanan ini terbuat dari adonan ikan, sagu, dan tepung.

    Kuah pempek memiliki rasa yang sangat lezat dan menyegarkan. Ada beberapa jenis pempek yang bisa kita temukan seperti pempek lenjer, pempek keriting, dan yang paling populer adalah pempek kapal selam. Pempek bisa ditemukan dengan mudah di berbagai kota saat ini, bahkan ada yang menjualnya secara online.

  1. Kue Maksuba
    Jika Anda pecinta makanan manis, maka kue maksuba ini akan menjadi salah satu makanan favorit Anda. Kue maksuba adalah kue khas Palembang yang terbuat dari adonan telur bebek dan kental manis. Telur bebek yang dipakai untuk membuat satu adonan kue maksuba ini bisa mencapai 28 butir telur. Tak heran jika rasa kue ini sangat lezat karena telur yang dipakai sangat banyak.

    Pada zaman dahulu, kue maksuba disajikan di istana Kesultanan Palembang. Kue ini biasanya disajikan sebagai suguhan untuk para tamu yang datang. Sekarang, kue maksuba yang legit ini menjadi salah satu makanan yang wajib ada ketika hari raya tiba.

  1. Lenggang
    Lenggang merupakan sebuah makanan hasil dari olahan ikan. Campuran ikan dan telur yang dikocok membuat lenggang memiliki rasa gurih dan lezat. Lenggang bisa dijadikan sebagai pendamping nasi atau dimakan sendiri. Makanan ini punya daya tarik tersendiri karena menggunakan wadah daun pisang.

    Campuran ikan dan telur kocok tadi dimasukkan ke dalam wadah yang terbuat dari daun pisang. Campuran tersebut lalu dipanggang di atas arang. Aroma daun pisang yang harum membuat rasa lenggang semakin menggugah selera.

  1. Laksan
    Hampir mirip dengan pempek, laksan juga terbuat dari adonan daging ikan dan tepung sagu. Laksan menjadi salah satu pilihan makanan khas Palembang yang banyak diburu oleh wisatawan. Mereka yang sudah sering mencoba pempek biasanya ingin mencoba menu baru dan laksan menjadi pilihan yang tepat.

    Perbedaan laksan dengan pempek adalah penyajian laksan yang menggunakan kuah santan. Selain itu, laksan juga disajikan dalam potongan yang lumayan besar. Bentuk laksan menyerupai pempek lenjer namun lebih tebal yang kemudian dipotong secara melintang.

  1. Kue Srikaya
    Selain kue maksuba ada juga kue srikaya yang tak kalah enak. Kue ini berwarna hijau karena menggunakan daun pandan. Selain itu, kue srikaya juga menggunakan telur sebagai bahan dasarnya. Tekstur yang dimiliki oleh kue srikaya ini hampir menyerupai puding yang lembut.

    Kue ini juga biasanya disajikan bersama dengan ketan putih. Rasanya yang legit akan semakin nikmat jika disimpan di dalam kulkas terlebih dahulu sebelum dimakan. Kue srikaya akan menjadi hidangan penutup yang tepat setelah makan berat.

Itulah 5 pilihan makanan khas kota Palembang yang rasanya juara. Tak perlu ragu, segera berburu makanan-makanan ini dan rasakan sendiri kelezatannya. Kalau perlu, langsung terbang ke Palembang untuk mendapatkan rasa asli dari aneka makanan khas Palembang ini.

Baca Juga »  Ini Dia Top 20 Makanan Khas Jawa Timur yang Siap Menggoyang Lidah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *