Ini Dia 5 Makanan Khas Sumatera Selatan Paling Favorit

Makanan Khas Sumatera Selatan Favorit yang Wajib Dicoba

Sumatera memang surganya kuliner. Ada banyak pilihan makanan enak yang bisa Anda temukan di sana termasuk di provinsi Sumatera Selatan. Pilihan makanan khas Sumatera Selatan sangat beragam dan rasanya pasti enak. Kali ini akan diberikan rekomendasi pilihan kuliner asal Sumatera Selatan paling enak yang wajib dicoba.

Makanan Khas Sumatera Selatan

Berikut adalah 5 makanan paling favorit yang bisa Anda temui di Sumatera Selatan :

  1. Mie Celor
    Mie celor menjadi pilihan tepat untuk disantap saat udara sedang dingin. Mie celor khas Sumatera Selatan ini menggunakan bahan dasar mie dan udang. Selain dua bahan utama ini, mie celor juga dilengkapi dengan telur dan tauge yang disiram kuah santan kental.

    Mie celor adalah menu makanan yang wajib dicicipi oleh para penikmat mie. Agar terasa lebih nikmat, Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis dan taburan seledri. Satu hal yang unik dari pengolahan mie celor adalah semua bahan mie celor harus disiram air panas sebelum dicampur ke dalam mangkuk.

  1. Burgo
    Burgo adalah salah satu makanan asal Sumatera Selatan yang hampir menyerupai pempek. Burgo juga terbuat dari adonan tepung beras namun disajikan dengan kuah santan yang kental dan rasanya sangat gurih. Burgo ini juga sangat cocok untuk dinikmati di waktu hujan.

    Banyak orang mengatakan burgo mirip dengan kwetiaw. Memang bentuknya sekilas mirip namun burgo lebih tebal. Burgo dibuat dari campuran tepung sagu dan tepung beras yang kemudian diiris tipis-tipis memanjang lalu digulung menjadi satu. Burgo biasanya disajikan dengan ikan suwir dan sambal agar terasa lebih nendang.

  1. Tempoyak
    Tempoyak adalah lauk pendamping nasi yang cukup unik asal Sumatera Selatan. Jika Anda adalah penggemar durian, mungkin Anda pernah membayangkan makan nasi dengan lauk durian. Tempoyak ini wajib untuk Anda coba jika memang Anda pernah membayangkan hal tersebut.

    Tempoyak adalah hasil fermentasi dari buah durian yang sudah masak. Tempoyak ini memiliki rasa yang asam dan tentu saja aroma khas durian yang menyengat. Selain biasa dikonsumsi sebagai pendamping nasi, tempoyak juga biasa dipakai sebagai bahan campuran untuk membuat sambal.

  1. Tekwan
    Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan menu makanan yang satu ini. Ya, tekwan mudah ditemukan di sekitar kita dan ternyata makanan ini adalah makanan asal Sumatera Selatan. Tekwan terbuat dari campuran sagu dan ikan yang kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil.

    Dalam satu mangkuk tekwan, biasanya terdapat bahan pelengkap lainnya seperti jamur, daun bawang, bihun, bengkuang, dan tak lupa taburan daun seledri. Tekwan sangat cocok dinikmati selagi hangat. Makanan ini bisa jadi pilihan tepat untuk menghangatkan tubuh di musim hujan.

  1. Gulo Puan
    Gulo puan adalah salah satu kuliner khas Sumatera Selatan yang memiliki banyak fungsi. Nama gulo puan ini jika diartikan adalah gula susu. Gulo puan terbuat dari campuran gula dan susu kerbau. Campuran ini kemudian dipanaskan dalam waktu lima jam.

    Gulo puan tidak untuk dikonsumsi sendiri melainkan sebagai pelengkap makanan lain. Biasanya gulo puan dikonsumsi bersama roti tawar, pisang goreng, dan camilan lainnya. Zaman dahulu, gulo puan menjadi makanan yang hanya dikonsumsi oleh bangsawan. Kini semua orang bisa menikmati manisnya gulo puan dengan mudah.

Itulah tadi 5 jenis makanan khas Sumatera Selatan yang harus Anda coba. Jangan sampai melewatkan kesempatan mencicipi nikmatnya kuliner Sumatera Selatan yang kaya rasa. Pastikan Anda mencoba semua pilihan makanan enak saat berkunjung ke Sumatera Selatan.

Baca Juga »  Top 5 Makanan Khas Solo Enak dan Murah Meriah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *