Ini 5 Makanan Khas Aceh Yang Wajib Dicoba

Makanan Khas Aceh yang Enak

RencanaKuliner.com – Aceh memiliki banyak pilihan menu makanan khas yang rasanya lezat dan pasti bikin ketagihan. Makanan khas Aceh selalu dikenal kaya akan rempah dan memiliki cita rasa yang kuat. Tak heran jika ada banyak orang menjadikan kuliner khas Aceh sebagai salah satu makanan favorit mereka.

Makanan khas aceh

Berikut adalah 5 pilihan makanan asal Aceh yang wajib untuk Anda coba:

  1. Sate Matang
    Setiap daerah sepertinya punya kuliner sate masing-masing. Begitu juga dengan Aceh yang memiliki kuliner sate matang. Disebut sate matang karena sate ini muncul di daerah Matang, Kabupaten Bireuen. Tidak seperti sate ayam biasa yang disajikan bersama bumbu kacang, sate matang punya cara yang berbeda.

    Sate matang ini terbuat dari daging kambing atau daging sapi. Sebelum dibakar, potongan daging kambing atau daging sapi diungkep terlebih dahulu. Potongan daging diungkep memakai bumbu khas Aceh. Setelah matang dan dibakar, sate matang akan disajikan bersama kuah soto yang menyegarkan.

  2. Ayam Tangkap
    Bagi Anda yang bosan dengan kuliner ayam yang itu-itu saja, maka ayam tangkap wajib untuk dicoba. Ayam tangkap adalah makanan yang terbuat dari ayam muda. Potongan ayam digoreng terlebih dahulu sampai benar-benar kering. Ayam ini kemudian dimasak dengan campuran daun temurui dan cabe hijau.

    Ayam tangkap biasanya disajikan dalam bentuk potongan kecil-kecil. Disebut ayam tangkap karena untuk memakannya Anda harus menangkap potongan ayam yang tersembunyi di antara daun temurui. Ditambah taburan bawang goreng di atasnya, ayam tangkap menjadi sajian lezat yang sayang untuk dilewatkan.

  3. Martabak Aceh
    Martabak khas Aceh tentu saja tidak sama dengan martabak lain yang biasa kita temui. Martabak Aceh menggunakan roti cane sebagai dasarnya. Martabak ini juga dilengkapi dengan cabe hijau dan bawang goreng. Martabak ini juga menggunakan daging yang sudah dicincang sebagai isi.

    Martabak Aceh disajikan dengan cara yang berbeda pula. Makanan ini disajikan dengan pelengkap berupa kuah sambal. Taburan cabe hijau ditambah kuah sambal ini membuat sensasi martabak Aceh akan sulit untuk dilupakan, bahkan bikin Anda ketagihan.

  4. Mie Aceh
    Tak lengkap rasanya pergi ke Aceh jika tidak merasakan langsung mie Aceh. Mie Aceh adalah salah satu kuliner khas Aceh yang sangat populer di Indonesia. Makanan ini bisa disajikan dengan dua cara yaitu mie Aceh goreng dan mie Aceh rebus dengan kuah. Keduanya sama-sama enak dan mengenyangkan.

    Sajian mie Aceh pada dasarnya hampir sama seperti mie pada umumnya. Hanya saja bumbu yang digunakan khas Aceh sehingga memberikan rasa yang berbeda. Mie Aceh juga biasa disajikan dengan pendamping yang bervariasi bisa daging maupun ikan atau seafood.

  5. Sambal Ganja
    Jangan salah sangka dulu! Meskipun namanya sambal ganja, tapi sambal ini tidak menggunakan ganja sebagai bahan utama atau bahan campurannya. Sambal ini diberi nama sambal ganja karena rasanya yang luar biasa enak sehingga akan membuat Anda ketagihan.

    Sambal ganja biasa disebut juga dengan nama asam udeung. Sambal ini terbuat dari udang, cabe rawit, dan belimbing wuluh. Sambal ini akan menjadi pelengkap terbaik bagi Anda saat makan nasi hangat dan aneka lauk pendamping.

Itulah tadi 5 pilihan makanan khas Aceh yang wajib untuk Anda coba. Makanan-makanan ini mungkin bisa ditemukan di kota-kota lain. Namun, tentu akan lebih mantap jika Anda mencicipinya langsung dari Aceh. Jadi, pastikan Anda mencoba makanan-makanan ini saat berkunjung ke Aceh.

Baca Juga »  Super Enak, Ini 5 Menu Makanan Khas Inggris yang Harus Dicoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *