Ini Daftar Tempat Kuliner di Surabaya yang Wajib Dicoba

Inilah 5 Tempat Kuliner di Surabaya yang Harus Dicoba

Tidak hanya sebagai kota Pahlawan yang terkenal akan industrinya, kota Surabaya juga dikenal dengan berbagai macam makanan khas yang layak untuk dicoba. Nah, 5 tempat kuliner di Surabaya berikut bisa jadi rekomendasi untuk Anda yang ingin berkunjung ke ibu kota Jawa Timur tersebut.

Tempat Kuliner di Surabaya
sumber: ksmtour
  1. Nasi Goreng Jancuk
    Nasi goreng memang mudah ditemukan di mana saja. Tetapi, yang jadi ciri khas di Surabaya adalah nasi goreng jancuk. Namanya diambil dari umpatan yang dikeluarkan orang-orang yang memakan nasi goreng ini. Lantaran rasanya yang pedas, maka setiap pelanggan mengumpat menggunakan bahasa Surabaya yaitu jancuk. Maka, disebutlah nasi goreng jancuk. Untuk menikmatinya, Anda bisa datang ke Royal Plaza dan harus merogoh kocek cukup dalam. Sekitar Rp150.000 per porsi.
  2. Sate Klopo Ondomohen
    Selayaknya menu sate umumnya, terbuat dari daging ayam, kambing, atau sapi. Tetapi yang menjadi ciri khas dari sate klopo ondomohen adalah taburan kelapa yang berada di atas sate. Kelapa tersebut menyatu dengan sate dan menciptakan sensasi rasa tersendiri. Gurih, manis, pedas, akan bercampur di lidah di tiap gigitannya. Nah, untuk menikmatinya, Anda bisa datang ke outletnya langsung di Jalan Walikota Mustajab no 36, Surabaya. Setiap porsinya cukup dihargai sekitar Rp20.000.
  3. Lontong Balap Garuda Pak Gendut
    Kuliner paling khas Surabaya adalah Lontong Balap Pak Gendut. Terbuat dari campuran tahu goreng, taoge, lentho, kecap, bawang goreng, serta sambal yang diletakkan di atas lontong. Kuah segar menjadi penambah nikmat masakan ini. Kuliner ini bisa disantap langsung di warungnya yang terletak di Jalan Kranggan no 60, Sawahan. Tepatnya di depan bekas Bioskop Garuda. Harganya mulai dari Rp12.000 untuk setiap porsinya.
  4. Rawon Setan Mbak Endang
    Rawon memang menjadi makanan khas dari Surabaya. Makanan ini sudah tidak asing lagi. Bahkan banyak pula di kota-kota lain yang menjajakan rawon dengan cita rasa masing-masing. Namun, rawon setan Mbak Endang memiliki ciri khasnya, yaitu rasa pedas yang ditawarkan berada di tingkat yang membuat orang mungkin ingin mengumpat. Bagi yang suka pedas, maka rawon setan ini sangat cocok.

    Nama setan yang mengikut di belakang menu ini pun cukup unik, mulanya dari jam bukanya yang di waktu malam yaitu mulai pukul 22.00 WIB hingga dini hari. Maka, dinamakanlah rawon setan. Untuk letaknya berada di Jl. Raya Mangga Besar No.100A, RW.10, Karang Anyar, Sawah Besar. Harganya mulai dari Rp25.000.

  5. Nasi Cumi Waspada
    Ingin mencicipi makanan tradisional dengan suasana khas yang masih merakyat? Maka, warung nasi cumi waspada pilihannya. Warung sederhana ini berada di belakang Pasar Atom, tepatnya di Jalan Wasapada, Pabean, Cantikan, Surabaya. Buka selama 24 jam, sehingga memudahkan Anda yang ingin makan di waktu-waktu yang tidak biasa.

    Olahan favoritnya adalah nasi cumi yang dipatok mulai dari harga Rp13.000 – Rp20.000. Variannya pun cukup banyak, tentunya semua menggugah selera untuk dicicipi. Namun, bila Anda bukan pencinta cumi, bisa juga mencoba menu lain yaitu nasi ayam, nasi tongkol, atau nasi paru.

Itulah 5 tempat kuliner di Surabaya yang wajib dicoba. Tempat lainnya pun masih banyak yang tak kalah menarik dengan sajian lezatnya. Tentunya semua tergantung selera Anda.

Baca Juga »  Yuk, Intip 5 Makanan Khas Kota Blitar Berikut Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *