Catat! Ini Dia Top 20 Makanan Khas Sumatera dengan Rasa Terenak

Ragam Makanan Khas Sumatera Paling Enak

RencanaKuliner.com Setiap wilayah di Indonesia memiliki ragam pilihan kuliner yang unik dan menggugah selera. Tak terkecuali dengan Sumatera yang memiliki banyak jenis makanan khas dengan rasa juara. Berikut akan dibahas lengkap 20 pilihan makanan khas Sumatera yang rasanya enak dan jadi favorit bangsa Indonesia.

Rendang Makanan Khas Sumatera

  1. Pempek
    Pempek sudah menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Makanan yang satu ini rupanya merupakan makanan khas Palembang, Sumatera Selatan. Pempek terbuat dari adonan tepung kanji atau tepung tapioka dan ikan. Jenis ikan yang digunakan untuk membuat pempek adalah ikan tenggiri, ikan gabus, ikan kakap merah, dan beberapa jenis ikan lainnya.Pempek memiliki rasa yang gurih dan dicampur dengan kuahnya yang segar. Kuah pempek biasa disebut cuka. Cuka pempek ini terbuat dari campuran udang kering halus, cabai rawit, gula merah, garam, dan bawang putih yang direbus menjadi satu. Pempek lenjer dan pempek kapal selam adalah dua jenis pempek yang paling populer di Indonesia.
  2. Sate Padang
    Sesuai dengan namanya, sate ini berasal dari Padang, Sumatera Barat. Sate padang terbuat dari daging sapi yang dibakar kemudian dilumuri kuah yang rasanya khas. Selain daging sapi, sate ini juga menggunakan bahan lidah dan jeroan sapi. Bumbu kuah sate Padang hampir mirip dengan saus kacang pada sate ayam namun lebih kental dan lebih pedas.
  3. Rendang
    Siapa tidak kenal rendang? Makanan yang satu ini sangat difavoritkan oleh banyak orang dari seluruh wilayah di Indonesia. Bahkan, rendang juga pernah disebut sebagai salah satu makanan paling enak di dunia. Tidak sedikit turis dari luar negeri yang datang ke Indonesia untuk mencicipi rendang.Rendang merupakan masakan daging sapi yang kaya rempah. Irisan daging sapi dimasak bersama santan kelapa dan bumbu rendang. Bumbu rendang terdiri dari serai, kunyit, jahe, cabai, bawang merah, bawang putih, dan lengkuas. Proses memasak rendang membutuhkan waktu yang lama sampai bumbu merasuk sempurna ke dalam setiap potong daging rendang.
  4. Pendap
    Pendap merupakan pilihan makanan khas Sumatera yang tepatnya berasal dari Bengkulu. Pendap juga biasa disebut dengan nama Ikan Pais. Makanan yang satu ini sangat kaya akan rasa dan bisa meningkatkan nafsu makan. Pepes ikan ini menggunakan campuran bumbu yang mantap dan dibungkus menggunakan daun talas.
  5. Bika Ambon
    Bika Ambon adalah salah satu oleh-oleh khas Medan yang sangat populer di Indonesia. Kue ini memiliki tekstur yang unik dan lembut. Bika Ambon merupakan salah satu kue tradisional yang memiliki banyak penggemar. Kue ini tampil dengan warna kuning cerah dan memiliki aroma yang menggoda.
  6. Mie Celor
    Mie Celor adalah salah satu pilihan makanan khas Sumatera Selatan yang cocok disantap saat udara dingin. Mie Celor terbuat dari bahan utama mie dan udang. Kenikmatan mie celor semakin lengkap dengan adanya tauge, daun seledri, telur, dan kuah santan. Cara mengolah mie celor ini cukup unik. Semua bahan yang akan dimasukkan ke dalam kuah santan harus disiram air panas. Makanan ini harus segera dikonsumsi setelah selesai dimasak selama masih hangat.
  7. Burgo
    Bosan dengan pempek saat berkunjung ke Palembang? Anda bisa mencoba Burgo. Meskipun tidak sepopuler pempek, burgo juga memiliki cita rasa yang khas dan enak. Makanan ini terbuat dari tepung beras yang disiram dengan kuah kental yang gurihnya nendang.Burgo terbuat dari adonan tepung beras dan tepung sagu yang diiris tipis lalu digulung menjadi satu. Burgo disajikan bersama dengan ikan suwir lalu disiram kuah kental. Agar terasa lebih segar, Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis dan sambal. Cocok sekali dinikmati di waktu hujan.
  8. Lappet
    Lappet adalah makanan khas Sumatera Utara yang terbuat dari tepung beras. Adonan tepung beras dicampur dengan santan lalu diisi dengan gula merah. Makanan tradisional ini dibungkus menggunakan daun pisang lalu dimasak dengan cara dikukus. Lappet tidak hanya cocok sebagai makanan kecil pendamping teh dan kopi tapi juga cocok dijadikan oleh-oleh.
  9. Tempoyak
    Jika Anda pecinta durian, maka wajib hukumnya untuk mencicipi rasa tempoyak. Tempoyak adalah makanan khas Sumatera Selatan yang cukup unik dan menarik. Tempoyak merupakan hasil fermentasi dari buah durian. Menariknya lagi, tempoyak ini dikonsumsi sebagai lauk dan dimakan bersama nasi.Merasakan sensasi makan durian bersama nasi tentu akan menjadi pengalaman yang menarik, bukan? Selain dimakan sebagai pendamping nasi, tempoyak juga biasa dipakai sebagai bahan campuran sambal. Rasanya yang asam dan segar membuat tempoyak sangat dicintai oleh masyarakat Sumatera Selatan.
  10. Dekke Na Niura
    Dekke Na Niura adalah salah satu jenis makanan khas Sumatera Utara yang wajib untuk Anda coba. Makanan ini terbuat dari ikan mas. Dekke Na Niura merupakan menu makanan yang dulu hanya dikonsumsi oleh para raja di suku Batak. Kini, makanan ini bisa dikonsumsi oleh siapa saja.Dekke Na Niura terbuat dari ikan mas yang diolesi bumbu halus dan asam. Ikan mas yang sudah diolesi bumbu ini harus didiamkan selama 4 jam atau lebih. Proses ini membuat Dekke Na Niura menjadi makanan yang kaya rasa dan cocok dimakan bersama nasi putih hangat.
  11. Lompong Sagu
    Lompong sagu merupakan salah satu makanan khas Sumatera Barat. Kue tradisional ini terbuat dari adonan tepung sagu yang dilengkapi dengan santan, kelapa parut, serta gula merah. Selain itu, lompong sagu juga menggunakan pisang raja atau pisang kepok. Lompong sagu dibungkus menggunakan daun pisang. Setelah semua bahan terbungkus daun pisang maka lompong sagu akan dipanggang. Makanan ini enak disantap selagi hangat dan cocok dijadikan camilan pendamping teh atau kopi.
  12. Sate Lokan
    Bosan dengan sate padang? Sumatera Barat punya sate lokan yang bahan utamanya adalah kerang hijau. Sate ini cocok dijadikan pilihan bagi Anda yang sudah bosan dengan daging baik daging sapi maupun daging ayam. Sate lokan disajikan dengan kuah kental dan biasanya dimakan bersama ketupat.
  13. Nasi Kapau
    Sering makan nasi Padang? Anda mungkin merasa bosan dengan variasi nasi Padang yang itu-itu saja. Sumatera Barat tepatnya di wilayah Kapau, ada nasi Kapau yang bisa menjadi pilihan untuk dicoba. Nasi Kapau merupakan menu makanan berupa nasi dan lauk khas daerah Kapau.Ada aneka jenis lauk pada nasi Kapau, salah satunya adalah gulai babat. Selain itu ada gulai tunjang yang terbuat dari urat kaki sapi dan gulai cangcang yang terbuat dari tulang daging sapi atau kerbau. Nasi Kapau juga dilengkapi dengan gulai sayur nangka. Uniknya lagi, nasi yang digunakan bukanlah nasi biasa. Beras yang dipakai untuk mengolah nasi adalah beras yang berasal dari Bukittinggi atau Agam.
  14. Sala Lauak
    Sala Lauak adalah pilihan makanan khas Sumatera Barat yang terbuat dari ikan segar. Daging ikan dihaluskan kemudian dicampur dengan tepung. Adonan dicampur sampai merata lalu dibentuk bola-bola kecil atau bisa juga dibentuk pipih. Adonan yang sudah dibentuk kemudian digoreng. Sala lauak bisa dijadikan camilan atau lauk pendamping nasi.
  15. Lamang Tapai
    Lamang Tapai adalah salah satu kue tradisional asal Sumatera Barat. Makanan ini terbuat dari bahan dasar ketan. Cara pengolahan lamang tapai juga tergolong unik yaitu menggunakan bambu muda. Adonan beras ketan dan santan dimasukkan ke dalam bambu muda kemudian dibakar di atas api. Lamang tapai yang sudah masak kemudian dikeluarkan dari bambu. Lamang tapai disajikan dengan tape ketan hitam di atasnya. Camilan ini cocok sekali dinikmati sambil minum teh di sore hari.
  16. Bubur Kampiun
    Bubur kampiun bisa menjadi pilihan makanan manis yang cocok dinikmati setelah makan makanan berat. Bubur ini berasal dari Bukittinggi dan merupakan campuran dari berbagai jenis bubur. Bubur kampiun terdiri dari bubur sumsum, bubur kacang hijau, ketan putih, bubur candil, bubur ketan hitam, dan tak lupa kolak pisang atau kolak ubi.Semua jenis bubur tersebut dimasak sendiri-sendiri kemudian diracik menjadi satu mangkok. Bubur kampiun memiliki rasa yang sangat beragam karena terdiri dari banyak jenis bubur. Bubur ini sangat mudah ditemukan di bulan Ramadhan karena menjadi menu yang cocok untuk berbuka puasa.
  17. Nasi Sala
    Nasi sala berasal dari Pariaman, Sumatera Barat. Nasi ini memiliki rasa yang unik karena dibungkus menggunakan daun pisang. Ada beberapa lauk pendamping yang akan membuat nasi sala semakin istimewa. Biasanya nasi ini dilengkapi dengan lauk ikan gembung goreng dan sambalado.
  18. Martabak Kubang
    Martabak adalah salah satu jenis makanan yang sangat populer di Indonesia. Makanan ini juga sangat mudah ditemukan di berbagai daerah. Namun, di Sumatera Barat ada martabak khas dengan rasa yang istimewa yaitu martabak Kubang. Sesuai dengan namanya, martabak ini berasal dari Nagari Kubang.Martabak Kubang adalah martabak asin dengan isi daging sapi cincang dan rendang dilengkapi irisan daun bawang. Martabak Kubang memiliki ukuran yang jauh lebih besar jika dibandingkan martabak asin yang biasa kita temukan. Selain ukuran, ada satu hal lagi yang membedakan martabak Kubang dengan jenis martabak lain. Martabak ini disajikan dengan kuah asam pedas yang nikmat.
  19. Sambal Tuk Tuk
    Pecinta sambal wajib mencoba sambal yang satu ini. Sambal tuk tuk adalah jenis sambal yang biasa dikonsumsi oleh orang Batak. Sambal tuk tuk terbuat dari campuran cabai, daun andaliman, dan ikan kembung atau ikan aso-aso yang sudah dikeringkan. Sambal tuk tuk akan menjadi pendamping yang sempurna bagi nasi putih dan lauk.
  20. Gajeboh
    Gajeboh adalah salah satu pilihan makanan khas Sumatera Barat yang juga memiliki banyak penggemar. Gajeboh terbuat dari sandung lamur yang diberi kuah asam pareh. Selain rasa kuahnya yang mantap, gajeboh juga disukai karena sandung lamur memiliki rasa dan tekstur yang nikmat.Gajeboh dimasak tanpa menggunakan santan dan memiliki lebih banyak lemak daripada daging. Gajeboh ini juga sering disebut gulai gajeboh atau sampade daging. Perlu diketahui bahwa gajeboh termasuk makanan langka karena bahan yang digunakan sulit untuk didapat.
Baca Juga »  Makanan Khas Mojokerto ini Bikin Nagih!

Itulah tadi top 20 makanan khas Sumatera yang sayang sekali untuk dilewatkan. Ayo, jangan ragu mencicipi beragam pilihan kuliner asal Sumatera yang kaya cita rasa. Anda bisa berburu kuliner khas Sumatera di berbagai tempat dan pasti rasanya akan semakin mantap jika dimakan langsung dari tempat asalnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *