Makanan Khas Mojokerto ini Bikin Nagih!

Yuk, Cobain 5 Makanan Khas Mojokerto yang Bikin Nagih

Perekonomian yang pesat membuat Mojokerto semakin maju. Bukan hanya dari segi pariwisata dengan  kuliner yang bikin nagih dan ingin terus mencicipinya. Terlebih, ada beragam jenis makanan khas Mojokerto yang sudah terkenal. Di antaranya adalah 5 berikut.

  1. Kerupuk yang Kriuk-Kriuk dan Beragam Jenisnya
    Lauk yang nikmat dan khas di Indonesia adalah kerupuk. Makanan satu ini akan selalu ada di setiap warung ataupun rumah. Makan akan terasa hambar bila tanpa kerupuk yang meramaikan suasana dengan suaranya yang khas.

    Nah, di Mojokerto, terdapat olahan kerupuk yang khas, seperti kerupuk rambak dari Desa Doas yang terkenal dengan rasanya yang khas. Gurih dan asin yang pas untuk lauk makan.

    Selain itu, ada juga kerupuk upil yang berwarna putih dengan bentuk lebih tipis dari kerupuk rambak. Lengkungannya yang tidak merata setelah digoreng, menjadikan makanan ini dinamakan kerupuk upil.

  2. Minuman Manis Es Gronjongan yang Menjadi Teman Santap
    Jika ada makanan khas, maka akan ada minuman khas pula dari Mojokerto. Minuman yang bisa jadi teman santap ketika wisata kuliner. Di antaranya ada es gronjongan Majapahit yang sudah ada sejak zaman dahulu. Es ini terdiri dari santan yang direbus bersama daun pandan, serta agar-agar di dalamnya. Sirup pun ditambahkan untuk menciptakan rasa manis.

    Selain itu, ada es cendol yang terbuat dari cendol dan air gula merah. Rasa manis akan langsung terasa di lidah begitu Anda mencicipinya. Sangat cocok disantap di cuaca panas atau saat siang hari.

  3. Bubur Srunthul yang Lembut dan Lumer di Lidah
    Unik memang namanya. Bubur srunthul terbuat dari tepung sagu yang dibentuk menjadi bulatan kecil-kecil, dinamakan srunthul. Olahan ini bisa dimakan di sore atau malam hari. Cocok pula di siang hari dengan es sebagai pelepas dahaga dan penyejuk di tengah cuaca panas.
    Nah, salah satu penjaja bubur srunthul yang paling terkenal adalah Bu Saudah yang berada di Jalan Mayjen Sungkono atau Wates. Harganya pun cukup murah. Apalagi teksturnya lembut, legit, serta kenyal, cocok untuk disantap siapa saja.
  4. Nasi dan Sambal Wader yang Bikin Nagih
    Makanan yang paling legendaris dari Mojokerto adalah nasi wader beserta sambal wadernya. Bumbu yang turun-temurun dari nenek moyang zaman dulu, menciptakan cita rasa berbeda dari nasi wader lainnya. Apalagi ditambah sambal pedas dengan campuran wader di dalamnya. Hm … mantap. Pastinya bikin nagih.

    Bahan dasar nasi wader adalah ikan wader yang hidup di air tawar dan berukuran kecil. Nasi disajikan bersama lalapan dan sambal wader. Makanan ini akan nikmat bila disantap di waktu masih hangat.
    Makanan Khas Mojokerto

  5. Sate Keong Murah Meriah
    Sate memang sudah menjadi makanan khas di Indonesia. Tiap daerah selalu memiliki ciri khas masing-masing. Salah satunya adalah Mojokerto yang terkenal dengan sate keongnya yang murah meriah. Sate tersebut berbahan dasar keong yang mudah ditemukan di sawah kemudian diberi bumbu sebelum dipanggang. Cocok untuk lauk menemani nasi wader yang dihidangkan di waktu masih hangat.

Itulah 5 makanan khas Mojokerto yang bikin nagih ketika menyantapnya. Rasanya ingin terus menambah bahkan membawa pulang. Nah, ketika jalan-jalan ke Mojokerto, jangan lupa mencicipi makanan lainnya yang tidak kalah lezat di warung-warung lokal. Sekian dulu dari RencanaKuliner.com

 

Baca Juga »  5 Pilihan Makanan Khas Sumatera Utara yang Bikin Ketagihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *