Cicipi Kelezatan 5 Makanan Khas Kota Madiun yang Menggoyang Lidah

Kelezatan 5 Makanan Khas Kota Madiun

Jalan-jalan tanpa mencicip makanan lokal sama seperti memasak tanpa bumbu, hambar. Terlebih bila ada begitu banyak makanan khas yang tidak mudah ditemukan di tempat lain. Contohnya saja makanan khas kota Madiun yang terkenal akan kelezatan dan cita rasanya yang menggugah selera. Sungguh sayang bila sampai dilewatkan. Maka, bila tengah berkunjung ke Kota Brem ini, singgahlah sebentar ke warung makan lokal untuk mencicip 5 makanan favorit yang menjadi ciri khas.

Mau tahu apa saja itu? Yuk, simak ulasannya.

Brem Oleh Oleh Khas Madiun
Sumber: Wikipedia
  1. Brem
    Sebagai ikon, brem memang makanan paling terkenal dan dicari para pelancong. Penganan yang terbuat dari sari ketan hasil fermentasi ini memang memiliki cita rasa tersendiri. Antara pahit, manis, asam, dan gurih. Semua campur jadi satu di lidah ketika menggigitnya.

    Meskipun hasil fermentasi, tapi brem ini tetap halal. Pasalnya, proses pembuatannya masih menggunakan beras ketan segar yang langsung dimasak dan difermentasikan, bukan menggunakan beras ketan yang sudah dijadikan tape.

    Nah, buat Anda yang ingin menjadikannya oleh-oleh, brem asal Madiun memiliki beberapa varian rasa seperti stroberi, keju, coklat, dan tentu saja original dengan warna putih sedikit kuning.

  2. Nasi Pecel Madiun
    Sekilas nasi pecel Madiun terlihat seperti nasi pecel lainnya. Namun ada yang membedakan, yaitu adanya tambahan kembang turi serta lempeng atau biasa dikenal kerupuk puli. Untuk lauk, Anda bisa mencoba menambahkan telur atau jeroan. Cara penyajiannya pun cukup unik dengan menggunakan pincuk dari daun pisang.

    Nah, bila ingin tetap merasakan nasi pecel khas Madiun, Anda bisa membeli sambal pecelnya untuk dimasak sendiri di rumah. Harganya pun cukup murah dan tahan lama jika tersimpan di tempat kering.

  3. Lento Madiun
    Lento Madiun merupakan makanan semacam gorengan yang terbuat dari singkong sebagai bahan dasar. Kemudian dicampur tempe basi, cabai rawit dan keriting, lengkuas, bawang merah, garam, bawang putih, daun jeruk untuk pengharum dan membuat gurih, serta tepung terigu.

    Bentuknya yang bulat kecil, memudahkan untuk disantap. Terlebih di waktu sore sembari menjadi teman santai untuk bercengkrama bersama keluarga di teras rumah. Makanan ini pun harganya cukup murah dan mudah dibuat sendiri di rumah.

  4. Rujak Petis
    Rujak selalu identik dengan buah-buahan. Tetapi, untuk rujak petis dari Madiun, justru isinya adalah sayuran dengan tampilan seperti pecel. Rujak petis berisi tempe goreng, tahu goreng, tauge, kangkung, mentimun, serta lontong sebagai bahan utama.

    Untuk bumbu, bukan hanya bumbu biasa untuk pecel, tetapi juga ditambah pisang kluthuk mentah yang diiris tipis dan diberi secukupnya. Jangan lupa petis yang menjadi ciri khas dan memberi rasa manis asam di dalamnya. Bumbu yang dihaluskan tersebut, disiramkan ke atas bumbu utama. Hm, sungguh nikmat dan bikin nagih.

  5. Sego Jotos
    Dari namanya, mungkin terdengar ngeri, ya. Tapi, tenang saja, meskipun namanya sego jotos atau nasi jotos, tetapi tidak ada yang bisa membuat Anda babak belur ketika memakannya. Nama jotos diberikan karena tampilannya menyerupai kepalan tangan.

    Sego jotos terdiri dari nasi, tempe, tahu, dan telur. Ditambah sambal pedan yang mampu menggoyang lidah Anda ketika mencicipi pertama kalinya. Tentunya itulah yang bikin nagih.

Lima makanan khas kota Madiun itu dapat Anda dapatkan ketika berkunjung ke warung-warung makan lokal di Madiun. Jangan lupa untuk membawa pulang seperti brem atau sambal pecelnya ya, biar bisa dinikmati lagi di rumah.

Baca Juga »  Makanan Khas Italia Terfavorit dan Ulasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *