Rugi Kalau Pulang dari Malang Tanpa Bawa 7 Oleh-oleh Khas Malang Ini!

7 Oleh-oleh Khas Malang yang Sayang Buat Dilewatkan

Jalan-jalan tanpa beli oleh-oleh untuk sanak saudara, seperti makan sayur tanpa garam. Hambar rasanya. Maka, ketika Anda tengah berkunjung ke kota Malang, jangan lupakan untuk mampir membeli oleh-oleh khas Malang yang sudah terkenal akan rasa maupun harganya yang murah ini.

Oleh oleh khas malang
malang strudel (Dok. merdeka)
  1. Malang Strudel
    Strudel merupakan kue berlapis yang terbuat dari pastry diisi dengan buah-buahan di dalamnya. Makanan oleh-oleh khas ini resmi dibuka pada tahun 2014 di Malang dengan menu utamanya adalah varian rasa apel. Kemudian muncul varian rasa lain seperti stroberi, pisang, nanas, bahkan campuran beberapa buah sekaligus.
  2. Apel asli Malang
    Apel memang mudah ditemui di mana-mana. Tetapi, rugi rasanya kalau sudah sampai Malang tetapi tidak membawa pulang buah apelnya yang khas dengan warna hijau kemerah-merahan. Rasa apel malang pun cukup unik, yaitu sedikit manis asam ketika digigit. Berbeda dengan asam lain yang hanya manis.
  3. Aneka Keripik Buah
    Malang memang terkenal akan beragam buahnya. Maka, bila terlalu berat untuk membawa pulang apel atau buah-buah lainnya, Anda bisa membeli aneka keripik buah yang dijual di toko oleh-oleh. Berbagai keripik dengan varian ukuran berbeda dan rasa-rasa yang bervariasi tersedia. Di antaranya keripik apel, nangka, rambutan, semangka, kelengkeng, hingga salak. Harganya pun cukup murah dan bisa tahan lama, sehingga tidak perlu khawatir akan cepat membusuk dan tidak bisa dinikmati keluarga yang di rumah.
  4. Jenang Apel
    Jenang apel merupakan olahan yang terbuat dari apel yang telah matang dengan tingkat kematangan pas atau belum membusuk. Biasanya bukan hanya bagian buahnya saja yang diolah, tetapi daunnya juga.
    Olahan jenang apel memiliki masa tahan kurang lebih hingga tiga bulan lamanya. Maka, pemasarannya hanya di wilayah sekitar Malang. Benar-benar oleh-oleh khas yang hanya berada di kota Malang.
  5. Coklat Tempe
    Coklat tempe merupakan makanan manis yang terbuat dari campuran tempe dan coklat. Perpaduan antara bahan tradisional dan modern menciptakan cita rasa khas tersendiri. Olahan ini pertama kali dikenalkan oleh Yoga Surya Pratama pada tahun 2011. Buah tangan khas ini memiliki merk terkenal yaitu de’konco yang layak untuk dijadikan oleh-oleh untuk kerabat. Desain kemasannya pun cukup kekinian, pas untuk diberikan kepada teman-teman atau kerabat dekat.
  6. Bakpao Telo
    Bakpao memang makanan khas dari Cina. Tetapi di Malang, Anda bisa mencicipi bakpao khas yaitu bakpao telo. Olahan bakpao yang terbuat dari ubi jalar yang biasa disebut telo dalam bahasa Jawa. Olahan ini memang tidak bertahan lama, maka sangat disarankan Anda langsung mencicipinya langsung dalam keadaan masih hangat.
  7. Ledre Pisang Bangka
    Ledre pisang bangka, merupakan olahan makanan yang terbuat dari pisang raja yang dijadikan seperti keripik. Akan tetapi bentuknya kotak dengan irisan tipis yang dimasak hingga kering, sehingga akan terasa krispi ketika menikmatinya. Olahan ini mampu bertahan lebih lama, sehingga cocok untuk dijadikan buah tangan atau camilan dalam perjalanan pulang dari Malang.
Baca Juga »  Lezatnya 5 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Sayang Terlewatkan

Itulah ketujuh makanan oleh-oleh khas Malang yang bisa Anda bawa pulang. Masih ada banyak oleh-oleh lain yang tidak bisa dijabarkan. Anda dapat menemukannya di pusat oleh-oleh yang bertebaran di sekitar kota Malang dan memilih yang sesuai dengan kesukaan keluarga maupun kerabat di rumah. Mulai dari olahan tradisional hingga makanan modern kekinian pun tersedia semua. Jadi, selamat berburu oleh-oleh dari Malang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *