5 Makanan Khas Kota Pasuruan yang Menggugah Selera

Lelah Berkeliling? Nikmati Makanan Khas Kota Pasuruan yang Menggugah Selera Ini

Kota Pasuruan, bukan hanya terkenal akan wisata alam dan spot kekinian yang mengundang mata. Tetapi juga wisata kulinernya. Banyak penjaja makanan khas kota Pasuruan bertebaran, membuat siapa pun bingung memilih. Rasa, jangan ditanya. Tidak duanya. Tidak akan kalah dari makanan khas daerah lain.

Penasaran ingin mencicipi? Yuk, keliling Pasuruan guna me-review 5 makanan favorit warga Pasuruan dan pelancong.

Makanan Khas Kota Pasuruan

  1. Nasi Punel
    Rupa nasi punel sejatinya tidak berbeda jauh dengan nasi campur yang umum ada di banyak wilayah. Namun, yang membedakan adalah nasinya yang pulen dan sedikit lembek serta lauk yang bertaburan di atasnya berupa tempe, tahu, sambal kacang panjang, pepes kelapa, sayur nangka, serta serundeng. Jangan lupakan ayam bumbu Bali yang memperkuat cita rasa Nasi Punel.Lebih uniknya, penyajian tidak menggunakan piring secara langsung, melainkan dengan piring beralaskan daun pisang. Sehingga cita rasanya akan tetap sama, bahkan tambah nikmat.
  2. Lontong Kupang
    Lontong memang sudah bukan makanan asing bagi masyarakat Indonesia. Di hari-hari besar seperti hari raya, lontong sangat mudah ditemui. Namun, yang membedakan antara lontong sayur umumnya dengan lontong kupang adalah komposisi lauk yang digunakan.Bila biasanya hanya berisi sayur dengan daging ayam atau telur, maka lontong kupang justru berisikan lontong dengan lauk kupang, yaitu sejenis kerang coklat yang banyak ditemukan di pesisir pantai utara Jawa Timur. Ada juga lentho, kuah petis, serta sate kerang yang menjadi pelengkap.
  3. Botok Tempe
    Botok tempe merupakan makanan yang bisa dikatakan sebagai lauk hidangan utama. Makanan ini terbuat dari campuran tempe, bumbu rempah, serta kelapa parut yang dibungkus dalam daun pisang, kemudian dikukus hidangan matang. Aromanya yang khas ketika masih panas, mampu membangkitkan selera makan detik itu juga. Maka, bila Anda berkunjung ke Pasuruan, jangan lupa untuk mencicipi botok tempe ini.Saat ini, bukan hanya tempe yang menjadi isian batok. Ada juga ikan seperti udang maupun teri yang menjadi pelengkap dan menambah harum batok.
  4. Kepiting Cak Gundul
    Siapa di antara kalian yang suka olahan laut? Pasti banyak yang menjadi penggemarnya, terutama kepiting. Nah, kini Anda wajib mencicipi rasa kepiting milik Cak Gundul yang berada di Pandaan, dekat Taman Safari Prigen. Rasa yang tak kalah nikmat dengan restoran, tetapi harga bersahabat dengan kantong. Siapa yang mau menolak?
  5. Ikan Lempuk
    Usai berkuliner makanan berat, maka saatnya pulang membawa oleh-oleh untuk sanak keluarga, memberi mereka kesempatan ikut menikmati cita rasa khas makanan kota Pasuruan. Nah, salah satu oleh-oleh yang harus ada dalam keranjang belanja adalah Ikan Lempuk. Jenis ikan ini mirip seperti teri yang memiliki panjang sekitar 2 hingga 3 sentimeter. Ada banyak pilihan rasa untuk oleh-oleh khas ini. Salah satunya adalah lempuk crispy yang cocok untuk camilan atau lauk.
Baca Juga »  5 Makanan Khas Madura yang Wajib Dicicipi ini Bikin Nagih!

Sudah kenyang dengan lima makanan khas kota Pasuruan? Atau masih kurang?

Nah, kalian bisa menikmati makanan khas lainnya yang tidak kalah lezat dari kelima jenis makanan favorit tadi. Jangan takut kantong jebol, karena harga yang ditawarkan relatif masih murah dan sesuai kantong semua kalangan. Dijamin akan membuat kalian ketagihan dan enggan beranjak pulang. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *