5 Makanan Khas Madura yang Wajib Dicicipi ini Bikin Nagih!

5 Makanan Khas Madura yang Tidak Boleh Dilewatkan

RencanaKuliner.com – Ketika mendengar nama Madura, apa yang terlintas dalam benak Anda? Sate. Benar, sate khas Madura yang sudah melanglang buana di seluruh daerah Indonesia memang yang paling terkenal. Logat pemilik warung yang khas, membuat label sendiri bila sate berasal dari Madura. Selain itu, cita rasa yang khas dengan bumbu sedap, membuat orang selalu ketagihan untuk memakan sate hasil masakan tangan orang Madura.

Makanan Khas Madura

Nah, seperti sate, ternyata Madura juga memiliki makanan khas lainnya. Berikut 5 makanan khas Madura yang wajib Anda cicipi ketika berkunjung.

  1. Bebek Songkem

Penganan khas Madura ini berbahan dasar bebek yang dikukus dalam keadaan telungkup seperti orang sungkem. Di atasnya ditaburi bumbu-bumbu yang sudah diracik. Istimewanya, bebek songkem dimasak dengan dibungkus daun pisang, yang menimbulkan aroma sedap setelah matang.

Olahan Bebek Songkem mudah ditemui. Hampir di rumah makan atau restoran di Madura menyajikan makanan khas ini. Cara paling tepat menikmatinya adalah bersamaan dengan nasi hangat yang masih mengepul serta lalapan.

  1. Lorjuk

Lorjuk merupakan sebutan untuk kerang yang bercangkang seperti bambu. Lorjuk dapat diolah menjadi berbagai macam varian, seperti lorjuk goreng, keripik lorjuk, rengginang, hingga olahan tumis lorjuk. Rasanya yang gurih dan terdapat sedikit bau amis memberi cita rasa sendiri ketika dicicipi.

  1. Soto Madura

Selayaknya sate, soto Madura pun sudah cukup terkenal dan dijajakan di hampir seluruh kota di Indonesia. Makanan khas ini mirip dengan olahan soto dari kota lain. Bedanya, bumbu yang dipakai. Bila soto kota lain berkuah bening. Maka soto khas Madura justru berwarna keruh lantaran adanya kemiri yang dipakai sebagai bumbu utamanya. Sehingga memunculkan bau sedap ketika disantap yang mampu menggugah selera. Terlebih ketika Anda menikmatinya di saat soto masih hangat di musim hujan. Kelezatannya akan semakin terasa di lidah.

  1. Tajin Sobih Bangkalan
Baca Juga »  5 Pilihan Makanan Khas Sumatera Utara yang Bikin Ketagihan

Tajin merupakan bahasa Madura dari bubur. Memang mirip dengan olahan bubur dari daerah lain. Yang membedakan, Tajin Sobih Bangkalan merupakan bubur khas yang berasal dari Desa Sobih yang terletak di daerah Bangkalan, Madura.

Umumnya Tajin disajikan dengan bubur sumsum yang disiram kuah gula merah di atasnya. Rasa manis dan gurih akan terasa di lidah ketika mencicipi. Terlebih, cara penyajiannya masih tradisional dengan menggunakan daun pisang sebagai alas, sehingga rasa yang timbul akan semakin kuat dengan harum khas dedaunan.

  1. Topak Ladhe Bangkalan

Topak Ladhe, merupakan penganan khas yang tidak mudah ditemui. Umumnya, Topak Ladhe hanya disajikan di saat hari raya ketupat. Topak ladhe berisi sayur-sayuran seperti kacang panjang yang dimasak bersama irisan daging, jeroan sapi, dan telur. Di atasnya diberi kuah kental berwarna merah.

Cara penyajiannya bersamaan dengan cara ketupat diiris terlebih dahulu, kemudian ditambahkan suwiran daging, jeroan, hingga telur. Jangan lupa untuk memberi sayur-sayuran sebelum disiram dengan kuah.

Itulah 5 makanan khas Madura yang sayang untuk dilewatkan. Ketika berkunjung ke Madura, luangkan waktu sejenak untuk mencicipi makanan khas terutama yang tidak tersedia di tempat lain seperti Lorjuk, Lopak, dan Tajin. Meskipun tidak bisa membawa pulang untuk oleh-oleh keluarga, tetapi kenangan akan rasanya dapat diceritakan sehingga membuat mereka ingin ikut mencicipi juga. Begitu pula dengan makanan lain yang tidak kalah lezat yang bisa Anda rasakan ketika berkeliling kota Madura. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *